RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK INTEGRATIF
Satuan
Pendidikan : MI Pasirlingga
Tema : 4AIndahnya Kebersamaan
Subtema : Kebersamaan
di Lingkungan Sekitar
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 36x 35 menit (6 kali pertemuan)
KOMPETENSI
INTI:
KI -1 : Menerima, menjalankan,dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggung
jawab,santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga,teman, guru, dan tetangganya
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
4.4 Mengelompokkan
kesamaan identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
|
Mempelajari identitas suku bangsa yang ada di Indonesia
|
Bahasa
Indonesia
|
4.4 Menyajikan teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
Menguraikan teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri
|
Matematika
|
3.16Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan
menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
|
Menghitung pola
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang
konkrit dan garis bilangan
|
IPA
|
3.3 Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan
energi melalui pengamatan, serta
mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan hubungan antara gaya, gerak, dan energi
berdasarkan pengamatan
|
IPS
|
3.1 Mengenal manusia, aspek
keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu,
sosial, ekonomi, dan pendidikan
|
Menjelaskan manusia, aspek keruangan,
konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial,
ekonomi, dan pendidikan
|
Seni Budaya
dan Prakarya
|
4.4 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
|
Mempraktikkan cara menyanyikan lagu dengan gerakan
tangan dan badan yang sesuai
|
Pendidikan
jasmani, olah raga dan kesehatan
|
1.2 Memahamivariasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif dalam permainan bola kecil.
|
Mendeskripsikan variasi dan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dalam permainan bola kecil.
|
PERTEMUAN I (HARI I ):
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Menceritakan secara
sederhana petualangan lingkungan dan sumber daya alam dengan tahapan yang benar
dalam teks lisan atau tulisan
2. Memahami makna
simbol-simbol pancasila
3. Menggerakan tangan
dan badan sesuai tinggi rendah nada
B.
Materi Pembelajaran
1. Cerita sederhana
2. Makna simbol-simbol
pancasila
3. Menggerakan badan
dan tangan sesuai nada
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
Facil: Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
koran, majalah
kebudayaan
2. Alat :
3. Sumber
Pembelajaran : Buku Facil: Tematik
4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1)
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema kemudian mendiskusikan cara menjaga lingkungan yang
baik
2)
Apersepsi:
bertanya jawab tentang cara menjaga lingkungan dengan baik
1.
Apakah kamu sering membantu orangtua membersihkan rumah?
2.
Pekerjaan apa yang kamu lakukan jika ada kegiatan gotong royong
membersihkan lingkungan?
3)
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang keragaman suku bangsa dan menyanyikan lagu “Sorak Sorak
Bergembira”
2.
Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Membaca teks cerita yang berjudul “Indahnya Kebersamaan” di buku Tematik
4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari membaca.
2) Mengidentifikasi makna
simbol-simbol Pancasila di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
kegiatan 2 mari memahami.
3) Membaca
teks lagu “Sorak Sorak Gembira” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
kegiatan 3 mari menyanyi.
Menanya
1)
Mampu mengajukan pertanyaan setelah membaca teks
“Indahnya Kebersamaan” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2)
Mampu mengatakan tentang makna simbol-simbol Pancasila
di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)
Mampu menyatakan makna lagu “Sorak Sorak Bergembira”
pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
Pengumpulan
Data
1) Mencatat
makna simbol Pancasila yang terdapat pada teks “Indahnya Kebersamaan”
di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari membaca.
2) Mengaitkan
makna simbol Pancasila yang ada pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan dalam
kehidupan sehari-hari.
3) Membuat
sebuah kelompok bersama teman sekelas untuk menyanyikan lagu “Sorak Sorak
Bergembira” secara bersama-sama.
Mengasosiasi
1)
Menganalisis makna simbol Pancasila yang terdapat pada teks “Indahnya
Kebersamaan” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari membaca.
2)
Mengkorelasikan makna simbol Pancasila pada buku
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)
Melatih kemampuan bernyanyi lagu “Sorak Sorak
Bergembira” dengan kelompok secara bersama-sama.
Mengkomunikasikan
1)
Mengkomunikasikan makna simbol Pancasila yang terdapat pada teks
“Indahnya Kebersamaan” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2)
Mengkomunikasikanmakna simbol Pancasila pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)
Mengkomunikasikan makna lagu “Sorak Sorak Bergembira”
dengan teman sekelompok.
b.
Mendiskusikan
dan menyimpulkan keterkaitan cerita
sederhana, makna simbol-simbol Pancasila, dan menggerakan badan dan tangan
sesuai nada.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
PERTEMUAN II (HARI II):
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Menjelaskan pengertian gaya gesek.
2. Mengemukakan contoh peristiwa yang
ditimbulkan oleh gaya gesek.
3. Menulis
model/kalimat matematika dan masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan
atau faktor bilangan.
4. Membuat kata atau
kelompok kata mengenai fakta dan pendapat.
B.
Materi Pembelajaran
1. Gaya gesek
2. Peristiwa yang
menimbulkan gaya gesek
3. Kelipatan
persekutuan dan faktor bilangan
4. Kata atau kelompok
kata
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil: Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat : Balok kayu, papan
luncur, pasir, karton, kain, ampelas, 3 buah bata
3.Sumber Pembelajaran :
Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1) Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
2) Apersepsi:
bertanya jawab mengenai kegiatan olahraga yang paling
disenangi
· Jenis olahraga apa yang kamu senangi?
· Berapa kali dalam seminggu kamu
berolahraga?
2)
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini
2. Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
2) Membaca pengertian gaya gesek pada buku
Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari mengenal.
3)
Mengamati
cara kerja rem cakram pada kendaraan
bermotor di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari mengamati.
4)
Membaca teks “Belajar Kelompok” pada buku Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan kegiatan 3 mari membaca.
5)
Mempelajari cara menentukan kelipatan persekutuan dan faktor bilangan
suatu bilangan pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari
mengenal.
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai gaya gesek di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai cara kerja rem cakram pada kendaraan bermotor di
buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan..
3) Mampu
mengajukan pertanyaan isi teks “Belajar Kelompok”.
4) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai cara menentukan kelipatan persekutuan dan faktor
bilangan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
Pengumpulan
Data
1) Merangkum
mengenai gaya gesek yang diterangkan pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2) Mengidentifikasi
cara kerja rem cakram kendaraan rmotor pada buku Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan.
3) Merangkum
isi teks “Belajar Kelompok” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
4) Merinci
cara menentukan kelipatan persekutuan dan faktor bilangan di buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan.
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
pengertian gaya gesek di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2) Menyimpulkan
cara kerja rem cakram kendaraan motor di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3) Menyimpulkan
isi teks “Bekerja Kelompok” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
4) Menyimpulkan
cara menentukan kelipatan persekutuan dan faktor bilangan di buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan.
Mengkomunikasikan
1) Mengkomunikasi
hasil pengamatan dan percobaan sederhana menggenai gaya gesek.
2) Mengkomunikasikan
hasil pengamatan cara kerja rem cakram pada kendaraan motor.
3) Mengkomunikasikan
isi teks “Bekerja Kelompok”dengan berani.
4) Mengkomunikasikan
cara menentukan kelipatan perseketuan dan faktor bilangan.
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya gesek, peristiwa yang menimbulkan gaya gesek,
kelipatan persekutuan dan faktor bilangan, dan kata atau kelompok kata.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang
telah disediakan pada buku..
PERTEMUAN III
(HARI III):
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Memberikan contoh hak dan kewajiban warga
negara dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab.
2. Menyelesaikan hal yang berkaitan dengan
konsep kelipatan dan faktor bilangan.
3. Memahami pengertian manusia dalam konteks
keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi, dan budaya
B.
Materi Pembelajaran
1. Contoh hak dan
kewajiban warga negara
2. Konsep kelipatan
dan faktor bilangan
3. Kelipatan
persekutuan dan faktor bilangan
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat :
3.Sumber Pembelajaran : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1) Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
2) Apersepsi:
bertanya jawab mengenai hak dan kewajiban seorang warga
negara
· Apakah yang dimaksud dengan hak?
· Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?
3) Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini
2. Inti
a)
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Membaca pengertian hak dan kewajiban warga negara di
Indonesia di buku Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari mengenal.
2)
Mempelajaricara menentukan konsep kelipatan dan faktor bilangan di buku
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari cari tahu.
3)
Membaca teks “Lapisan Masyarakat” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
kegiatan 3 mari cari tahu.
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai pengertian hak dan kewajiban warga negara
Indonesia.
2) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai caramenentukan konsep kelipatan dan faktor
bilangan.
3) Mampu
mengajukan pertanyaan dari isi teks “Lapisan Masyarakat”.
Pengumpulan
Data
1) Merangkum
mengenai pengertian hak dan kewajiban warga negara di Indonesia.
2) Merumuskan
cara menentukan konsep kelipatan dan faktor suatu bilangan.
3) Merangkum
isi teks “Lapisan Masyarakat”.
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
mengenai pengertian hak dan kewajiban warga negara Indonesia.
2) Menyimpulkan
cara menentukan konsep kelipatan dan faktor
suatu bilangan.
3) Menyimpulkan
isi teks “Lapisan Masyarakat”.
Mengkomunikasikan
1) Mengkomunikasi
hasil membaca pengertian hak dan kewajiban warga negara di Indonesia.
2) Mengkomunikasikancara
menentukan konsep kelipatam dan faktor suatu bilangan.
3) Mengkomunikasikan
isi teks “Lapisan Masyarakat”.
b)
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya gesek, peristiwa yang menimbulkan gaya gesek, kelipatan persekutuan
dan faktor bilangan, dan kata atau kelompok kata.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang
telah disediakan pada buku.
PERTEMUAN IV
(HARI IV):
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Menggunakan kohesi dan kalimat sederhana
(5-7 kalimat) dalam bercerita.
2. Mengurutkan bilangan bulat dari garis
bilangan.
3. Menerapkan variasi
dan kombinasi pola gerak lokomotor dan manipulatif dalam permainan kasti.
B.
Materi Pembelajaran
1. Kohesi dan kalimat
sederhana
2. Bilangan bulat
3. Permainan kasti
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil: Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat : Penggaris, bola
kasti, tongkat kasti
3.Sumber Pembelajaran : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama,
2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1) Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
2) Apersepsi:
bertanya jawab mengenai penggunaan kohesi pada sebuah
kalimat
· Apa yang dimaksud dengan kohesi?
· Sebutkan salah satu contoh kohesi.
2)
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini
2. Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Membaca teks wacana “Indonesia: Banyak
Sukunya, Satu Negaranya” pada buku Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1
mari membaca.
2) Mempelajari cara menentukan bilangan bulat
pada garis bilangan pada buku Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari
membilang.
3) Mengamati
cara melakukan permainan kasti seperti yang dicontohkan pada teks “Permainan
Kasti” Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari bermain.
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai contoh
kohesi pada kalimat yang terdapat pada teks wacana “Indonesia: Banyak
Sukunya, Satu Negaranya” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1
mari membaca.
2) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai caramenentukan bilangan bulat pada garis
bilangan seperti contoh pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai cara melakukan permainan kasti pada buku Tematik
4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari bermain.
Pengumpulan
Data
1) Merangkum
mengenai contoh kohesi pada kalimat yang terdapat pada teks “Indonesia: Banyak Sukunya, Satu Negaranya”.
2) Merumuskan
cara menentukan bilangan bulat pada garis bilangan pada buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan.
3) Mengumpulkan
cara melakukan permainan kasti dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
kohesi pada sebuah kalimat seperti yang dicontohkan di buku Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan.
2) Menyimpulkan
cara menentukan bilangan bulat pada garis bilangan di buku Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan.
3) Menyimpulkan
cara melakukan permainan kasti yang benar seperti yang dicontohkan di buku
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
Mengkomunikasikan
1) Mengkomunikasi
hasil membaca mengenai kohesi pada sebuah kalimat.
2) Mengkomunikasikan
cara menentukan bilangan bulat pada sebuah garis bilangan.
3) Mengkomunikasikan
cara melakukan permainan kasti yang benar.
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan kohesi pada kalimat sederhana, bilangan bulat, dan
permainan kasti.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang
telah disediakan pada buku.
PERTEMUAN V
(HARI V ):
A. Tujuan Pembelajaran
2. Membuat gambar
pemandangan alam
3. Menyebutkan
unsur-unsur identitas suku bangsa
4. Mengemukakan contoh
unsur-unsur identitas suku bangsa.
B.
Materi Pembelajaran
1. Gambar pemandangan
alam
2. Unsur-unsur
identitas suku bangsa
3. Contoh unsur-unsur
identitas suku bangsa
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil: Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
koran, majalah
kebudayaan
4. Alat : buku
gambar, pensil warna, krayon
5. Sumber
Pembelajaran : Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1) Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk selalu semangat ketika belajar.
2)
Apersepsi:
bertanya jawab tentang kegiatan menggambar
· Apakah kamu senang menggambar?
· Gambar apa yang sering kamu buat?
3)
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang menggambar pemandangan dikaitan dengan unsur-unsur yang
terdapat pada setiap suku bangsa.
2. Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Membaca teks cerita yang berjudul “Gambar Pemandangan” di buku Tematik
4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari menggambar.
2) Mengidentifikasi unsur-unsur
identitas suku bangsadi buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
kegiatan 2 mari cari tahu.
3) Memabaca
contoh unsur-unsur identitas suku bangsa pada teks “Mengemukakan Contoh
Unsur-Unsur Identitas Suku Bangsa”di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
kegiatan 3 mari cari tahu.
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan setelah membaca “Gambar Pemandangan”.
2) Mampu menyatakan unsur-unsur identitas suku
bangsa.
3) Mampu
menyatakan contoh unsur-unsur identitas suku bangsa.
Pengumpulan
Data
1) Mencatat cara membuat gambar pemandangan.
2) Merangkum
unsur-unsur identitas suku bangsa.
3) Merangkum
contoh unsur-unsur identitas suku bangsa.
Mengasosiasi
1) Merinci
cara membuat gambar pemandangan.
2) Menyimpulkan unsur-unsur identitas suku
bangsa.
3) Menyimpulkan
contoh unsur-unsur identitas suku bangsa.
Mengkomunikasikan
1) Mengkomunikasikan cara membuat gambar pemandangan.
2) Mengkomunikasikan unsur-unsur identitas suku bangsa.
3) Mengkomunikasikan
contoh unsur-unsur suku bangsa.
b.
Mendiskusikan
dan menyimpulkan keterkaitan gambar
pemandangan alam, unsur-unsur identitas suku bangsa, dan contoh unsur-unsur
identitas suku bangsa.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
PERTEMUAN VI
(HARI VI ):
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mengemukakan contoh
peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya gesekan
2. Menerapkan variasi
dan kombinasi pola gerak lokomotor dan manipulatif dalam permaina kasti
3. Membuat gambar
pemandangan alam
B. Materi
Pembelajaran
1. Peristiwa yang
menimbulkan gaya gesek
2. Variasi dan
kombinasi pola gerak lokomotor dan manipulatif permainan kasti
3. Gambar pemandangan
alam
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat :
buku gambar, pensil warna, krayon, tongkat kasti, bola kasti
3. Sumber
Pembelajaran : Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1)
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk selalu semangat ketika belajar.
2)
Apersepsi:
bertanya jawab tentang gaya gesek
·
Apakah kamu benda yang menimbulkan gaya gesek?
3) Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang menggambar pemandangan dikaitan dengan unsur-unsur yang
terdapat pada setiap suku bangsa.
2.
Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Membaca teks cerita yang berjudul “Contoh
Gaya Gesek” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari menggamati.
2) Mengidentifikasi unsur-unsur
permainan kastidi buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
kegiatan 2 mari berolahraga.
3) Memabaca
unsur-unsur cara membuat gambar pemandangan pada teks “Membuat Gambar
Pemandangan ”di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari
menggambar.
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai contoh gaya gesek.
2) Mampu menyatakan gerakan dasar ketika
bermain permainan bola kasti.
3) Mampu
menyatakan cara membuat gambar pemandangan.
Pengumpulan
Data
1) Mencatat contoh-contoh benda yang menimbulkan
gaya gesek.
2) Menuliskan
teknik-teknik dasar permainan bola kasti.
3) Mencatatcara-cara
membuat gambar pemandangan yang benar.
Mengasosiasi
1) Menyimpulkancontoh-contoh
benda yang menimbulkan gaya gesek.
2) Menyimpulkan teknik-teknik dasar permainan
bola kasti
3) Merinci
cara membuat gambar pemandangan yang benar
Mengkomunikasikan
1) Mengkomunikasikan contoh-contoh benda yang menimbulkan gaya gesek.
2) Mengkomunikasikan teknik-teknik dasar permainan bola
kasti.
3) Mengkomunikasikan
cara membuat gambar pemandangan yang benar .
b.
Mendiskusikan
dan menyimpulkan keterkaitan contoh gaya
gesek, permainan bola kasti, dan cara membuat gambar pemandangan.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar