Sabtu, 08 November 2014

RPP TEMATIK INTEREGATIF 4A INDAHNYA KEBERSAMAAN KE 2-3

PERTEMUAN II (HARI II):
A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Menentukan barisan bilangan yang merupakan kelipatan sebuah bilangan tertentu
2.       Memperagakan gerak dasar jalan dan lari
3.       Menceritakan dengan kalimat sederhana cara memelihara pancaindra
B.      Materi Pembelajaran
1.          Gerakan berlari dan berjalan
2.          Barisan bilangan
3.          Pancaindera
C.      Metode Pembelajaran
Pendekatan umum             : tematik
Metode                                  : discovery, diskusi
D.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                                            :
ensiklopedi, buku yang berkaitan dengan pancaindra
Power Point Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.      Alat                                                :
komputer, penggaris, sepatu olahraga, baju olahraga
3.      Sumber Pembelajaran                :
Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.      Kegiatan Pembelajaran
1.       Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
b.       Apersepsi: bertanya jawab mengenai kegiatan olahraga yang paling disenangi
·      Jenis olahraga apa yang kamu senangi?
·      Berapa kali dalam seminggu kamu berolahraga?
c.        Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini 

2.       Inti
a)    Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Mengamati cara melakukan gerakan berjalan dan berlari pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
1)         Mengamati cara menentukan kelipatan sebuah bilangan pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
2)         Mengamati cara kerja pancaindera pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
Menanya
1)       Mampu mengajukan pertanyaan cara melakukan gerakan berjalan dan
berlari yang benar
2)       Mampu mengajukan pertanyaan cara menentukan kelipatan daru sebuah bilangan
3)       Mampu mengajukan pertanyaan mengenai fungsi pancaindera
Pengumpulan Data
1)         Mengumpulkan gerakan-gerakan dasar berlari dan berjalan dari berbagai sumber
2)         Mengumpulkan bilangan-bilangan yang termasuk bilangan kelipatan
3)         Mengumpulkan jenis dan fungsi pancaindera dari berbagai  sumber
Mengasosiasi
1)       Menyimpulkan berbagai gerakan-gerakan dasar berlari dan berjalan
2)       Menyimpulkan bilangan-bilangan yang termasuk bilangan kelipatan
3)   Menyimpulkan fungsi pancaindera dan cara merawatnya
Mengkomunikasikan
1)     Mengkomunikasi hasil pengamatan suatu bilangan yang termasuk bilangan kelipatan
2)     Mengkomunikasikan hasil pengamatan cara memelihara pancaindra dengan baik dan benar
b)    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gerakan berlari dan berjalan, barisan bilangan, dan cara merawat pancaindra.
3.      Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada buku.
PERTEMUAN III (HARI III ):
A.    Tujuan Pembelajaran
1.       Menentukan bilangan yang merupakan faktor dari sebuah bilangan
2.       Menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah
3.       Mengenal lapisan sosial berdasarkan budaya
B.    Materi Pembelajaran
1.          Bilangan
2.          Karya seni dari berbagai suku bangsa
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan umum             : tematik
Metode                                  : discovery, diskusi             
D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.       Media                                            :
Table
Power Point Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.       Alat                                                :
Karton, penggaris, spidol, pensil warna, komputer
3.       Sumber Pembelajaran                :
Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.    Kegiatan Pembelajaran
1.Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema
b. Apersepsi:
·         Apakah kamu tahu apa itu faktor bilangan?
c.  Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang olahraga berjalan dan berlari, kelipatan dari suatu bilangan, dan cara memelihara pancaindra
2. Inti
a) Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)    Mengamati ciri suatu bilangan yang mempunyai faktor bilangandi buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
2)    Menunjukkanciri salah satu tarian yang ada di Indonesia yaitu tari Jaipongan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
3)    Mempelajari ciri lapisan sosial suatu masyarakat yang ada di Indonesia
Menanya
1)    Mampu mengajukan pertanyaan cara menentukan faktor suatu bilangan
2)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai ciri khas karya seni suatu daerah di Indonesia
3)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai ciri khas lapisan masyarakat suatu daerah di Indonesia
Pengumpulan Data
1)       Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang ciri-ciri faktor dari suatu bilangan
2)       Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang ciri suatu kebudayaan suatu daerah di Indonesia
3)       Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang ciri lapisan sosial suatu masyarakat di Indonesia
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang ciri faktor suatu bilangan
2)   Menyimpulkan kebudayaan yang ada di Indonesia
3)   Menyimpulkan lapisan masyarakat yang ada di Indonesia
Mengkomunikasikan
1)   Mengkomunikasi hasil pengamatan mengenai cara menentukan factor suatu bilangan.
2)   Mengkomunikasi hasil pengamatan mengenai kebudayaan suatu daerah dan lapisan masyarakat suatu daerah di Indonesia
b)    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan faktor bilangan dan karya seni suatu daerah.
3.Penutup

Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar