PERTEMUAN II
(HARI II):
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menentukan
barisan bilangan yang merupakan kelipatan sebuah bilangan tertentu
2.
Memperagakan
gerak dasar jalan dan lari
3.
Menceritakan
dengan kalimat sederhana cara memelihara pancaindra
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Gerakan berlari dan berjalan
2.
Barisan bilangan
3.
Pancaindera
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
ensiklopedi, buku
yang berkaitan dengan pancaindra
Power Point Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat :
komputer,
penggaris, sepatu olahraga, baju olahraga
3. Sumber Pembelajaran :
Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
b.
Apersepsi:
bertanya jawab mengenai kegiatan olahraga yang paling
disenangi
·
Jenis
olahraga apa yang kamu senangi?
·
Berapa kali
dalam seminggu kamu berolahraga?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini
2.
Inti
a)
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Mengamati cara melakukan gerakan berjalan dan berlari pada buku
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
1)
Mengamati
cara menentukan kelipatan sebuah bilangan
pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
2)
Mengamati
cara kerja pancaindera pada buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan
Menanya
1)
Mampu mengajukan pertanyaan cara melakukan gerakan berjalan dan
berlari yang benar
2)
Mampu mengajukan pertanyaan cara menentukan kelipatan daru sebuah
bilangan
3)
Mampu mengajukan pertanyaan mengenai fungsi pancaindera
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
gerakan-gerakan dasar berlari dan berjalan dari berbagai sumber
2)
Mengumpulkan
bilangan-bilangan yang termasuk bilangan kelipatan
3)
Mengumpulkan
jenis dan fungsi pancaindera dari berbagai
sumber
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan berbagai gerakan-gerakan dasar
berlari dan berjalan
2) Menyimpulkan bilangan-bilangan yang
termasuk bilangan kelipatan
3)
Menyimpulkan fungsi pancaindera dan cara merawatnya
Mengkomunikasikan
1) Mengkomunikasi
hasil pengamatan suatu bilangan yang termasuk bilangan kelipatan
2) Mengkomunikasikan
hasil pengamatan cara memelihara pancaindra dengan baik dan benar
b)
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gerakan
berlari dan berjalan, barisan bilangan, dan cara merawat pancaindra.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
PERTEMUAN III (HARI III ):
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menentukan bilangan yang merupakan faktor dari sebuah bilangan
2.
Menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah
3.
Mengenal lapisan sosial berdasarkan budaya
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Bilangan
2.
Karya seni dari berbagai suku bangsa
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Table
Power Point Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.
Alat :
Karton, penggaris, spidol, pensil warna, komputer
3.
Sumber Pembelajaran :
Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk belajar
dan memotivasi siswa terkait tema
b. Apersepsi:
·
Apakah kamu
tahu apa itu faktor bilangan?
c. Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang olahraga berjalan dan
berlari, kelipatan dari suatu bilangan, dan cara memelihara pancaindra
2. Inti
a) Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Mengamati
ciri suatu bilangan yang mempunyai faktor
bilangandi buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
2)
Menunjukkanciri salah satu tarian yang ada di
Indonesia yaitu tari Jaipongan di buku
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
3)
Mempelajari ciri lapisan sosial suatu masyarakat yang ada di Indonesia
Menanya
1) Mampu mengajukan pertanyaan cara menentukan
faktor suatu bilangan
2)
Mampu mengajukan pertanyaan mengenai ciri khas karya seni
suatu daerah di Indonesia
3)
Mampu mengajukan pertanyaan mengenai ciri khas lapisan
masyarakat suatu daerah di Indonesia
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
data/informasi tambahan tentang ciri-ciri faktor dari suatu bilangan
2)
Mengumpulkan
data/informasi tambahan tentang ciri suatu kebudayaan suatu daerah di
Indonesia
3)
Mengumpulkan
data/informasi tambahan tentang ciri lapisan sosial suatu masyarakat di
Indonesia
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang ciri faktor suatu bilangan
2) Menyimpulkan kebudayaan yang ada di Indonesia
3) Menyimpulkan lapisan masyarakat yang ada di
Indonesia
Mengkomunikasikan
1) Mengkomunikasi hasil pengamatan mengenai
cara menentukan factor suatu bilangan.
2) Mengkomunikasi hasil pengamatan mengenai kebudayaan
suatu daerah dan lapisan masyarakat suatu daerah di Indonesia
b)
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan faktor
bilangan dan karya seni suatu daerah.
3.Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar