TEMATIK INTEGRATIF
Satuan Pendidikan : MI Pasirlingga
Tema : 4A Indahnya
Kebersamaan
Subtema :
Berbeda Tetapi Satu
Kelas/Semester :
IV/1
Alokasi
Waktu : 36x 35 menit(6 kali pertemuan)
KOMPETENSI
INTI:
KI -1 : Menerima,
menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menunjukkan
perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab,santun,peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi
dengan keluarga,teman, guru, dan
tetangganya
KI-3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
4.4 Mengelompokkan kesamaan
identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan
khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
Mempelajari identitas suku
bangsa
yang ada di Indonesia
|
Bahasa Indonesia
|
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang
pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
|
Menjelaskan pemeliharaan pancaindra menggunakan teks instruksi
|
Matematika
|
3.4Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima
|
Menjelaskan cara menentukan faktor dan
kelipatan bilangan serta bilangan prima
|
IPA
|
3.3 Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan
energi melalui pengamatan, serta
mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan hubungan antara gaya, gerak, dan energi berdasarkan
pengamatan
|
IPS
|
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas
antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
|
Menjelaskan manusia, aspek keruangan, konektivitas antar
ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
|
Seni Budaya dan Prakarya
|
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak
tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
|
Mempraktikkan cara menyanyikan lagu dengan gerakan tangan dan badan
yang sesuai
|
Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
|
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan
dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional
|
Menyajikan kombinasi gerak
dasar atletik jalan dan lari
|
PERTEMUAN I
(HARI I):
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah
negara indonesia
2.
Menyanyikan lagu “dari Sabang sampai Merauke”
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Keberagaman suku, adat, dan kebudayaan yang ada di Indonesia
2.
Teks lagu “dari Sabang sampai Merauke”
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi, observasi lapangan
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Power Point Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
koran, majalah
kebudayaan
2.
Alat :
komputer
3.
Sumber Pembelajaran :
Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema kemudian mendiskusikan makna saling menghormati antara teman yang
berbeda suku sehingga menuju ke tema:“Indahnya Kebersamaan”
b.
Apersepsi:
bertanya jawab tentang contohsaling menghormati antar teman yang
berbeda suku
·
Apa itu suku?
·
Kamu berasal
dari suku mana?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang keragaman suku bangsa dan
menyanyikan lagu “dari Sabang sampai Merauke”
2.
Inti
a)
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Mengamati
ciri suku dan kebudayaan dengan melakukan
kunjungan ke museum atau tempat kebudayaan
2)
Membaca teks lagu “dari Sabang sampai Merauke” di buku
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari bernyanyi
Menanya
1)
Mampu mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan ke museum atau tempat
kebudayaan berbagai suku dan kebudayaan suatu daerah.
2)
Mampu mengatakan tentang makna lagu “dari Sabang
sampai Merauke” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari
bernyanyi
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
data/informasi tambahan tentang ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh beberapa suku bangsa dari hasil pengamatan di museum atau tempat
kebudayaan
2)
Mengumpulkan informasi mengenai makna lagu “dari Sabang sampai Merauke” dari berbagai
sumber
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang ciri khusus suatu kebudaayan
suatu suku bangsa
2) Menyanyikan lagu “dari
Sabang sampai Merauke”
Mengkomunikasikan
1) Mengkomunikasi hasil pengamatan di museum
atau tempat kebudayaan tentang suku bangsa di Indonesia dalam bentuk cerita.
2) Mengkomunikasikan hasil pengamatan dan menyimpulkan keterkaitan ciri suku bangsa di Indonesia dan isi lagu
“dari Sabang sampai Merauke”
b)
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan suku suatu
bangsa dengan lagu “dari Sabang sampai Merauke”
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar