PERTEMUAN IV (HARI IV ):
A. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan pengertian gaya gravitasi
1.
Memublikasikan teks cerita tertulis secara sederhana
2.
Menjelaskan ciri bilangan prima
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Gaya gravitasi
2.
Teks cerita
3.
Bilangan prima
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
2)
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Media :
Power Point Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2)
Alat :
komputer, bola
kasti, bola tenis
3)
Sumber Pembelajaran :
Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
3)
Kegiatan
Pembelajaran
1.Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema
b.
Apersepsi:
bertanya jawab mengenai gaya gravitasi
· Apa itu gaya gravitasi?
· Sebutkan salah satu contoh gaya gravitasi?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang gaya gravitasi, teks cerita,
dan bilangan prima
2.Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Membacaciri
gaya gravitasidi buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2)
Mengamati
teks wacana di buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
3)
Menghitung
cara menentukan bilangan prima di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
Menanya
1) Mampu mengajukan pertanyaan benda-benda
yang mengalami gaya gravitasi
2) Mampu menampilkan teks cerita tertulis
secara sederhana
3) Mampu menampilkan cara menentukan bilangan
prima
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
data/informasi mengenai gaya gravitasi berserta contohnya
dari berbagai sumber
2)
Membuat
sebuah teks cerita tertulis secara sederhana
3)
Mengoperasikan
cara menentukan bilangan prima
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
tentang gaya gravitasi beserta cirinya
2)
Menilai
sebuah teks cerita sederhana dengan benar
3)
Menyimpulkan cara menentukan bilangan prima
Mengkomunikasikan
1)
Mengkomunikasi
hasil pengamatan mengenai gaya gravitasi
2)
Mengkomunikasi
teks cerita yang di tulis secara sederhana
3)
Mengkomumikasi
cara menentukan sebuah bilangan prima
b.
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitangaya gravitasi,
teks cerita, dan bilangan prima
3.Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
PERTEMUAN V (HARI V ):
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mengemukakan contoh peristiwa yang
menimbulkan gaya listrik
2. Membedakan identitas suku bangsa (pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, upacara adat, dan makanan khas) yang ada di lingkungan
sekitar
3. Membuat gambar motif tumbuhan
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Gaya listrik
2.
Identitas suku bangsa
3.
Gambar motif tumbuhan
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Media :
buku ensiklopedia
suku bangsa
Power Point Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2)
Alat :
komputer, penggaris,
buku gambar
3)
Sumber Pembelajaran :
Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
a.
Kegiatan
Pembelajaran
1.Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema
b.
Apersepsi:
bertanya jawab mengenai gaya listrik
· Apa itu gaya litrik?
· Sebutkan salah satu contoh benda yang mengandung gaya
listrik?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang gaya listrik, identitas suku
bangsa, dan gambar motif tumbuhan
2.Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Membacaciri gaya listrikdi buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
2) Mengidentifikasi identitas suku bangsa yang
ada di Indonesia di buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
3) Menggambar motif tumbuhan yang di contohkan
pada buku Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV,
Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
Menanya
1)
Mampu mengajukan pertanyaan benda-benda yang menimbulkan gaya listrik
2)
Mampu mengajukan pertanyaan mengenai identitas suku bangsa yang ada di
Indonesia
3)
Mampu mengajukan pertanyaan cara menggambar motif yang benar
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
data/informasi mengenai gaya listrik berserta contohnya
dari berbagai sumber
2)
Mengumpulkan
data mengenai identitas suku bangsa yang ada di Indonesia
3)
Mengumpulkan
cara menggambar motif yang benar
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
tentang gaya listrik
2)
Menyimpulkan
identitas suku suatu bangsa
3)
Menyimpulkan cara menggambar motif yang benar
Mengkomunikasikan
1)
Mengkomunikasi
hasil membacatentang gaya gravitasi
2)
Mengkomunikasi
teks cerita yang di tulis secara sederhana
3)
Mengkomumikasi
cara menentukan sebuah bilangan prima
b.
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya
listrik, identitas suku bangsa, dan gambar motif tumbuhan.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
PERTEMUAN VI (HARI VI ):
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mampu menjelaskan contoh gaya gravitasi dalam
kehidupan sehari-hari
2. Mampu membuat gambar motif tumbuhan
3. Mengagumikeragaman suku, etnis, dan bahasa
sebagai keunggulan di wilayah Negara Indonesia
B.Materi Pembelajaran
1.
Contoh gaya listrik
2.
Gambar motif tumbuhan
3.
Keragaman suku di Indonesia
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.Media :
Power Point Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.Alat :
komputer, kertas HVS, pena
3.Sumber Pembelajaran :
Buku Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
b.
Kegiatan
Pembelajaran
1.Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema
b.
Apersepsi:
bertanya jawab mengenai contoh gaya listrik
· Apa itu gaya gravitasi?
· Sebutkan salah satu contoh benda yang mengandung gaya
gravitasi?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang gaya listrik, identitas suku
bangsa, dan gambar motif tumbuhan
2.Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Membaca contoh percobaangaya gravitasidi buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
2) Mengidentifikasi kepercayaan yang ada di
Indonesia suku bangsa yang ada di Indonesia di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
3) Menggambar motif tumbuhan yang di contohkan
pada buku Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV,
Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
Menanya
1)
Mampu mengajukan pertanyaan mengenai percobaan gaya gravitasi yang
dipraktekkan
2)
Mampu mengajukan pertanyaan mengenai agama yang ada di Indonesia
3)
Mampu mengajukan pertanyaan cara menggambar motif yang benar
Pengumpulan Data
1)
Mencatat data/informasi
mengenai gaya gravitasi yang terjadisetelah melakukan
percobaan
2)
Mengumpulkan
data mengenai agama yang ada di Indonesia
3)
Mengumpulkan
cara menggambar motif yang benar
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
tentang percobaan gaya gravitasi
2)
Menyimpulkan
agama yang tersebar di Indonesia
3)
Menyimpulkan cara menggambar motif yang benar
Mengkomunikasikan
1)
Mengkomunikasi
hasil percobaantentang gaya gravitasi
2)
Mengkomunikasi
agama yang ada di Indonesia
3)
Mengkomumikasi
hasilmenggambar motif
b. Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan ciri khusus tumbuhan dan lingkungan
(habitatnya), dan mengelaborasikan untuk berbagai lingkungan lain.
3.Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu
menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada
buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar