Sabtu, 08 November 2014

RPP TEMATIK INTEREGATIF 4A INDAHNYA KEBERSAMAAN KE 7 PENILAIAN

PENILAIAN
1.     Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan
·         Portofolio
·         Panduan Penyusunan Portofolio

2.     Contoh Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Keterangan
Sangat baik
Baik
Kurang Baik
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan




2
Menunjukkan perilaku terhadap teman sekelompok




3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Mendengarkan setiap arahan dan bimbingan dari guru ketika mengerjakan suatu tugas





b.      Lembar Tes Unjuk Kerja
No
Aspek yang dinilai
Kriteria

Sangat baik
Baik
Kurang Baik
Keterangan
1
Menggunakan alat sesuai dengan contoh yang diberikan guru




2
Melakukan kegiatan menggambar motif sesuai dengan petunjuk




3
Melakukan percobaan mengenai gaya gravitasi




4
Melakukan percobaan mengenai gaya listrik





c.       Lembar Tes Tertulis
1. Bahasa Indonesia
1) Bagaimana mana menjaga mata agar tetap sehat? (dengan makan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin a)
2) Berapa kali sikat gigi dalam sehari? (2 kali sehari)
3) Berapa kali kamu mandi dalam sehari? (2 kali sehari)
4) Rasa asin bisa durasakan oleh indra? (indra perasa)
5) Bagaimana cara menggunakan alat berikut?

2. PPKN
1) Sebutkan 5 tarian daerah yang kamu ketahui.
2) Sebutkan 5 suku daerah teman sekelasmu.
3) Apa nama suku di Sumatera Barat? (suku Minangkabau)
4) Apa nama rumah adat daerah Nusa Tenggara Timur? (rumah Musakali)
5) Sebutkan upacara adat yang kamu ketahui.
3. Penjasorkes
1) Gerakan berlari di tempat dapat memperkuat otot? (kaki)
2) Gerakan lompat katak dimulai dengan posisi? (jongkok)
3) Mengangkat tubuh (pull up) melatih kekuatan? (tangan)
4) Tulislah latihan koordinasi gerakan berjalan dan berlari.
5) Bagaiman cara menggabungkan gerakan berjalan dan berlari dalam satu gerakan? Sebutkan salah satu contoh gerakannya.
4. Seni Budaya dan Prakarya
1) Motif batik merupakan salah satu jenis seni? (seni gambar)
2) Kain tenun di Lampung dikenal dengan kain? (kain ulos)
3) Alat musik tradisional apa yang terbuat dari kayu? (angklung, kolintang, rebana dan lain-lain)
4) Apa yang dimaksud dengan karya seni terapan?
5) Sebutkan contoh karya seni rupa terapan.
5. Mematika
1) Sebutkan bilangan prima dari 29.
2) Sebutkan bilangan prima dari 37.
3) Faktor bilangan dari 18.
4) Faktor bilangan dari 40.
5) Faktor bilangan dari 28.
6. IPA
1) Sebutkan benda yang mengalami gaya gravitasi.
2) Sebutkan benda yang mempunyai gaya listrik.
3) Kekuatan apa yang mempengaruhi gaya gravitasi bumi terhadap suatu benda?
4) Apa yang dimaksud dengan gaya gravitas?
5) Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?
7. IPS
1) Apa pekerjaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pantai? (nelayan)
2) Apa pekerjaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan? (bertani, berladang)
3) Apa pekerjaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pegunungan?
3) Adakah temanmu yang berasal dari daerah pantai?
4) Adakah temanmu yang berasal dari daerah pedesaan?

d.      Lembar Portofolio
Buatlah sebuah observasi di lingkungan rumahmu bersama teman sekelompokmu. Suku bangsa apa yang banyak tersebar di lingkungan rumahmu dan pekerjaan apa yang banyak berada di lingkungan rumahmu. Tulislah pada buku tugasmu.


                                                                                                                          Cikaso,         Juli  2014
Kepala Madrasah                                                                                                                      Guru Kelas



SUCI LESTARI. S.Pd.I                                                                                            HASBULOH.S.Pd.I
NIP. 197908122005 01 2009                                                                                 NIP.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar