Sabtu, 08 November 2014

RPP TEMATIK 4A SUB TEMA KEBERSAMAAN DI LINGKUNGAN SEKITAR KE 2 PENILIAN

PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan

2.  Contoh Instrumen
a.    Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Keterangan
Sangat baik
Baik
Kurang Baik
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan




2
Menunjukkan perilaku terhadap teman sekelompok




3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Mendengarkan setiap arahan dan bimbingan dari guru ketika mengerjakan suatu tugas





b.Lembar Tes Unjuk Kerja
No
Aspek yang dinilai
Kriteria

Sangat baik
Baik
Kurang Baik
Keterangan
1
Menggunakan alat sesuai dengan contoh yang diberikan guru




2
Melakukan kegiatan menggambar motif sesuai dengan petunjuk




3
Melakukan percobaan mengenai gaya gesek






c. Lembar Tes Tertulis
Bahasa Indonesia
1.         Siapa tokoh peran dalam teks “Indahnya Kebersamaan”? (Made, Coki)
2.         Dimana Made dan Coki bersekolah? (SD Tunas Bangsa)
3.         Rumah siapa yang dibantu dibersihkan oleh Made dan Coki? (rumah Pak Bowo)
4.         Sila Pancasila keberapa yang menunjukkan sikap yang dilakukan Made dan Coki? (Sila Pancasila ke-3)
5.         Sebutkan sila Pancasila ke-3. (Persatuan Indonesia )
PPKN
1.         Apa semboyan garuda Pancasila? (Bhinneka Tunggal Ika)
2.         Apa arti semboyan Bhineka Tunggal Ika? (Meskipun berbeda-beda tetap satu  jua)
3.         Sebutkan simbol sila ke-1 dan bunyinya. (Simbol: Bintang, Bunyi: Ketuhanan Yang Maha Esa)
4.         Sebutkan simbol sila ke-3 dan bunyinya. (Simbol: Pohon Beringin, Bunyi: Persatuan Indonesia)
5.         Sebutkan simbol sila ke-5 dan bunyinya. (Simbol: Padi kapas, Bunyi: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia)
Penjasorkes
1.         Siapa saja tokoh yang ada pada teks “Permainan Kasti”? (Coki, Dul, Okto, Made, dan Joko)
2.         Alat apa yang digunakan untuk bermain bola kasti? (bola kasti dan tongkat kasti)
3.         Gerak dasar apa saja yang ada pada permainan kasti? (teknik melempar, menangkap, dan memukul bola)
4.         Mengapa ketika bermain kasti pemain harus mengetahui peraturan permainannya? (jawaban  disesuaikan  kemampuan siswa)
5.         Berapa jumlah pemain ketika bermain kasti? (satu regu 12 orang)
Seni Budaya dan Prakarya
1.         Siapa pencipta lagu “Sorak Sorak Bergembira”? (Cornel Simandjuntak)
2.         Siapa tokoh pada cerita “Gambar Pemandangan Alam”? (Fahira, Diah, Monika)
Matematika
1.         Sebutkan kelipatan persekutuan dan faktor bilangan 18 dan 24.
2.         Sebutkan faktor bilangan 28 dan 36.
IPA
1.         Siapa yang terpeleset pada teks “Gaya Gesek”? (Okto)
2.         Apa yang dimaksud dengan gaya gesek? (gaya yang ditimbulkan oleh dua permukaan yang saling bersentuhan)
3.         Apa penyebab terjadinya gaya gesek? (Adanya sentuhan antar dua permukaan)
IPS
1.         Apa yang dimaksud dengan lapisan masyarakat?
2.         Apa yang dimaksud dengan masyarakat heterogen?
3.         Perbedaan apa yang menentukkan lapisan suatu masyarakat?




                                                                                                            Cikaso,       Juli   2014
Kepala Madrasah                                                                                Guru Kelas



SUCI LESTARI. S.Pd.I                                                                     HASBULOH.S.Pd.I
NIP. 197908122005 01 2009                                                              NIP.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar