RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK INTEGRATIF
Satuan
Pendidikan : MI Pasirlingga
Tema : 4AIndahnya KebersamaanSenangnya
Subtema : Senangnya Berlibur Bersama
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 36x 35 menit (6 kali pertemuan)
KOMPETENSI
INTI:
KI -1 : Menerima, menjalankan,dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggung
jawab,santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga,teman, guru, dan tetangganya
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
1.3
Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
|
Mempraktekkan
perilaku
sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah sekolah dan masyarakat
sekitar
|
Bahasa Indonesia
|
4.4
Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
1. Membuat teks
cerita petualangantentang lingkungan
2. Membuat teks cerita tentang sumber daya
alam
|
Matematika
|
1.16 Memahami pola penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.17 Memahami
konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
4.10 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik
dan geometris
|
Mendeskripsikan pola
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang
konkrit dan garis bilangan
Menjelaskan konsep bilangan negatif menggunakan
hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
Menunjukkan
dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
|
IPA
|
3.3 Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan
energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Menjelaskan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta
mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
|
IPS
|
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas
antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
|
Mendeskripsikan manusia, aspek keruangan, konektivitas antar
ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
|
Seni Budaya dan Prakarya
|
4.1
Menggambar alam berdasarkan pengamatan
keindahan alam
|
Membuat gambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam
|
Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
|
4.5 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk
membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak
dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan.
4.6 Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal dilandasi
konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
Mendeskripsikan kombinasi pola gerak
dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand
stand, kayang, dsb) dan kombinasi
pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan.
Menjelaskan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal dilandasi konsep gerak
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
PERTEMUAN I (HARI I ):
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Menceritakan
secara sederhana petualangan lingkungan dengan tahapan yang benar.
2. Menunjukkan
nama suku bangsa dengan menempatkan simbol identitas budaya pada peta
3. Membuat
gambar dengan motif binatang
B. Materi
Pembelajaran
1. Cerita
sederhana
2. Simbol
identitas budaya pada peta
3. Gambar
motif binatang
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi, observasi lapangan
D. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
2. Alat : Peta Indonesia, pensil, buku gambar, pensil
warna, krayon
3. Sumber Pembelajaran : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi untuk belajar dengan semangat
2)
Apersepsi:
bertanya jawab tentang kegiatan berlibur bersama keluarga
·
Kegiatan apa yang kamu lakukan ketika sedang berlibur?
3)
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang petualangan dengan cerita sederhana, identitas suku
bangsa berdasarkan simbol pada peta, dan gambar motif binatang
2. Inti
a) Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Membacakegiatan berlibur Dinda bersama teman-teman di buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari bercerita.
2) Mengamati simbol binatang pada peta di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
kegiatan 2 mari mengamati.
3) Mengamati
pola gambar binatang harimau di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3
mari menggambar.
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan dari membaca kegiatan Dinda ketika berlibur
2) Mampu
mengatakanasal binatang berdasarkan peta
3) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai pola gambar binatang harimau
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan
informasi mengenai kegiatan berlibur Dinda bersama teman-teman.
2) Mengumpulkan
data mengenai binatang yang terdapat pada peta
3) Mengumpulkan
cara menggambar binatang harimau berdasarkan pola
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
kegiatan Dinda ketika berlibur.
2) Menyimpulkan
nama-nama binatang berdasarkan peta
3) Menyimpulkan
cara menggambar binatang harimau berdasarkan peta
Mengkomunikasikan
1) Menceritakan kegiatan Dinda
berlibur bersama teman di depan kelas
2) Menyebutkan nama-nama
binatang berdasarkan daerah yang ada pada peta
3) Mengkomunikasikan cara
menggambar binatang harimau
a.
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan cerita sederhana, identitas suku bangsa berdasarkan peta, dan gambar
motif binatang.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN II
(HARI II ):
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Memperagakan
teknik senam dasar
2. Menyebutkan
komponen yang dikembangkan dalam gerak berirama
3. Menggunakan
konjungsi waktu (urutan/simultan)
4. Menjelaskan
konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal kongkrit
B. Materi
Pembelajaran
1. Teknik
senam dasar
2. Gerak
berirama
3. Konjungsi
waktu
4. Bilangan
negatif
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi, observasi lapangan
D. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
2. Alat : Radio, matras, baju olahraga, sepatu olahraga,
lemari es
3. Sumber Pembelajaran : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama,
2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2)
Apersepsi:
bertanya jawab tentang gerak berirama
·
Apakah kamu tahu apa itu gerak berirama?
3) Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang gerak berirama, teknik dasar senam,
konjungsi waktu, bilangan negatif
2. Inti
a) Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Membacagerak berirama yang dilakukan oleh Dinda dan Adi
2) Mengamati cara melakukan gerakan kayang
3) Membaca
kegiatan Dinda melakukan gerakan senam berirama bersama keluarga.
4) Menyebutkan
bilangan negatif yang terdapat pada contoh
Menanya
1)
Mampu mengajukan pertanyaan mengenai gerak berirama
yang dilakukan Dinda dan Adi
2) Mampu mengemukakan cara melakukan gerakan
kayang
3) Mampu menyebutkan gerakan senam berirama
yang dilakukan bersama keluarga
4) Mampu menyebutkan bilangan negatif
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan
informasi mengenai gerak berirama
2) Mengumpulkan
cara melakukan gerakan kayang
3) Mengumpulkan
cara melakukan gerakan senam berirama
4) Menjelaskan
bilangan negatif
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
gerak berirama
2) Menyimpulkan
cara melakukan gerakan kayang
3) Menyimpulkan
cara melakukan gerakan senam berirama
4) Menyimpulkan
cara menentukan bilangan negatif
Mengkomunikasikan
1) Menceritakan gerakan
berirama
2) Menyebutkan gerakan kayang
yang benar
3) Mengkomunikasikan cara
gerakan senam berirama
4) Mengkomunikasikan cara
menentukan bilangan negatif
b) Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan cerita sederhana, identitas suku bangsa berdasarkan
peta, dan gambar motif binatang.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN III
(HARI III ):
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Menentukan
pola penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal kongkrit
2. Memahami
proses interaksi sosial antar daerah
3. Membuat
karya kreatif kemudian menunjukkannya dengan bangga di depan teman
B. Materi Pembelajaran
1. Penjumlahan
bilangan bulat
2. Interaksi
sosial
3. Membuat
karya kreatif
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi, observasi lapangan
D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil: Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis
Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat : Mangkuk kertas, piring kertas, plesitin hijau
dan biru, cat air, kuas, sedotan, kawat, pembolong kertas, stapler, gunting
3. Sumber Pembelajaran : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2)
Apersepsi:
bertanya jawab tentang penjumlahan bulat
·
Apakah kamu tahu apa itu penjumlahan bulat?
3) Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang penjumlahan bulat, interaksi sosial,
dan membuat karya kreatif
2. Inti
a) Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Menyebutkan cara menentukan pola bilangan bulat dengan benda yang ada di
sekitar kita
2) Membaca keberagaman hidup rukun di buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari berdiskusi
3) Mencatat
cara membuat diaroma seperti di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3
mari berkarya.
Menanya
1)
Mampu mengajukan pertanyaan mengenai pola bilangan
bulat
2)
Mampu mengemukakan contoh hidup rukun dalam kehidupan
sehari-hari
3)
Mampu menyebutkan bahan-bahan untuk membuat diaroma
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan
informasi pola bilangan bulat
2) Mengumpulkan
contoh hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari
3) Mengumpulkan
bahan untuk membuat diaroma
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
pola bilangan bulat
2) Menyimpulkan
aspek-aspek yang menentukan hidup rukun di kehidupan sehari-hari
3) Menyimpulkan
cara membuat diaroma
Mengkomunikasikan
1) Menrumuskan cara menentukan
pola bilangan bulat
2) Menyebutkan contoh hidup
rukun dalam kehidupan sehari-hari
3) Menampilkan kerajinan
diaroma yang sudah dibuat
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan penjumlahan pola bilangan bulat, interaksi sosial, dan membuat kerajinan
diamora
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini
PERTEMUAN IV
(HARI IV ):
A. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan
pengertian dan contoh peristiwa yang berkaitan dengan gaya magnet
2. Mempublikasikan
teks cerita tertulis secara sederhana
3. Mengembangkan
dan membuat berbagai pola numerik dan geometri
B. Materi
Pembelajaran
1. Gaya
magnet
2. Teks
cerita tertulis
3. Pola
numerik dan geometri
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi, observasi lapangan
D. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Facil: Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis
Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat : Magnet,
kayu kertas, plastik, kaca, kayu, klip kertas
3. Sumber Pembelajaran : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
1) Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2)
Apersepsi:
bertanya jawab tentang gaya magnet
·
Apakah benda yang dapat menimbulkan gaya magnet?
2) Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni gaya magnet, teks cerita tertulis, dan pola
numerik dan geometri
2. Inti
a) Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Mempelajari
percobaan “gaya magnet” yang terdapat di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan
kegiatan 1 mari berdiskusi
2) Meninjau cara membuat pola pagar berdasarkan pola
numerik dan geometri yang terdapat di buku Tematik 4A
Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari membuat pola
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan percobaan “gaya magnet”
2) Mampu
mengemukakan cara membuat pola pagar
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan
informasi mengenai gaya magnet
2) Mengumpulkan
bahan untuk membuat pola numerik dan geometri
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
informasi mengenai percobaan “gaya magnet”
2) Menyimpulkan
bahan untuk membuat pola numerik dan geometri
Mengkomunikasikan
1) Menyebutkan hasil percobaan
mengenai “gaya magnet”
2) Menjelaskan pola numerik dan
geometri
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya magnet dan pola numerik serta geometri
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN V
(HARI V ):
A. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan
pengertian dan contoh peristiwa yang berkaitan dengan gaya pegas
2. Memuji
karya seni dan karya kreatif daerah lain
3. Menceritakan
kebaikan teman yang berbeda suku bangsa
B. Materi Pembelajaran
1. Gaya
pegas
2. Karya
seni dan karya kreatif daerah lain
3. Kebaikan
teman berbeda suku
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi, observasi lapangan
D. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Power Point Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat : Komputer,
kasur, shockbreaker, pulpen
3. Sumber Pembelajaran :Buku Facil: Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
1) Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2) Apersepsi:
bertanya jawab tentang gaya pegas
·
Apa yang dimaksud dengan gaya pegas?
·
Apakah benda yang dapat menimbulkan gaya pegas?
3) Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni gaya pegas, karya seni dan karya kreatif daerah lain, dan
kebaikan teman dari berbagai suku.
2. Inti
a) Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Mempelajari
percobaan sederhana “gaya pegas” yang terdapat di buku Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan kegiatan 1 mari mengamati
2) Meninjau karya seni dan karya kreatif dari daerah yang
ada di Indonesia di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2
mari mengenal
3) Membaca
perbedaan antar teman di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari
bercerita
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai “gaya pegas”
2) Mampu
mengemukakan contoh karya seni dan karya kreatif dari daerah yang ada di
Indonesia
3) Mampu
mengemukakan contoh sikap perbedaan antar teman dan saling menghargai
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan
informasi mengenai “gaya pegas”
2) Mengumpulkan
data karya seni dan karya kreatif dari berbagai daerah
3) Mengumpulkan
contoh sikap perbedaan antar teman dan saling menghargai
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
informasi mengenai “gaya pegas”
2) Menyimpulkan
contoh karya seni dan karya kreatif dari berbagai daerah
3) Menyimpulkan
contoh sikap perbedaan antar teman
Mengkomunikasikan
1) Menyebutkan benda yang
memiliki gaya pegas
2) Menyebutkan contohkarya
seni dan karya kreatif dari berbagai daerah
3) Menyebutkan contoh sikap
perbedaan antar teman
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya pegas, karya seni dan karya kreatif, serta contoh sikap perbedaan
antar teman
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN VI
(HARI VI ):
A. Tujuan Pembelajaran
1. Membuat
gambar dengan motif binatang
2. Menyebutkan
jenis gaya dari suatu peristiwa
3. Mempublikasikan
teks cerita tertulis secara sederhana
B. Materi
Pembelajaran
1. Gambar
dengan motif binatang
2. Jenis
gaya dari suatu peristiwa
3. Mempublikasikan
teks cerita tertulis
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : tematik
Metode : discovery, diskusi, observasi lapangan
D. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media :Power Point Facil:
Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat : Komputer,
buku gambar, pensil warna, pensil, benda-benda yang menimbulkan gaya
3. Sumber Pembelajaran :Buku Facil: Tematik 4A Indahnya
Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
1) Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2) Apersepsi:
bertanya jawab tentang gaya pegas
·
Apakah kamu pernah membuat gambar denga motif binatang?
3) Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini yakni gambar motif binatang, jenis gaya dari suatu peristiwa, dan teks
tertulis
2. Inti
a) Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1) Mempelajari
cara menggambar motif binatang yang
terdapat di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari menggambar
2) Meninjau benda yang memiliki gaya di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari berdiskusi
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai cara membuat gambar motif binatang
2) Mampu
mengemukakan contoh benda yang memiliki gaya
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan
informasi mengenai cara membuat gambar motif binatang
2) Mengumpulkan
contoh benda yang memiliki gaya
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
informasi mengenai cara membuat gambar motif binatang
2) Menyimpulkan
contoh benda yang memiliki gaya
Mengkomunikasikan
1) Menyebutkan cara menggambar
motif binatang
2) Menyebutkan contoh benda
yang memiliki gaya
b) Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gambar motif binatang, jenis gaya dari suatu
peristiwa, dan teks tertulis
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar