Tematik
Integratif
Satuan Pendidikan : MI Pasirlingga
Tema : 4B Selalu Berhemat Energi Energi
Subtema : Energi dalam Kehidupan
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 32x
35 menit (6 x pertemuan)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya
KI 2 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Ki 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
Kompetensi Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan
rumah, sekolah dan masyarakat
|
Menunjukkan
contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
dalam kehidupan di keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar dengan rasa percaya
diri
|
Bahasa
Indonesia
|
2.1
Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya,
dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
Menunjukkan perilaku
hemat energi
|
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
Melakukan wawancara pada narasumber bidang energi
|
|
Matematika
|
3.5
Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang
membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
|
Menemukan
bangun segibanyak yang membentuk pola pengubinan
|
4.2
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu
|
Melakukan
pola pengubinan segibanyak beraturan maupun tak beraturan
|
|
IPA
|
3.3
Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan
energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan
sehari-hari
|
1. Mendeskripsikan macam-macam energi
2. Memahami hubungan sumber daya alam dengan kegiatan
ekonomi
|
3.4
Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Membedakan berbagai bentuk energi dan pemanfaatannya
|
|
IPS
|
3.3
Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di
sekitarnya
|
Memahami
kenampakan alam dan sumber daya alam
|
Seni Budaya
dan Prakarya
|
2.1
Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
|
1. Menunjukkan
rasa percaya diri dan kebebasan dalam berkarya
2. Membuat
hasil karya sebuah roncean dari rancangan yang dibuatnya
|
2.2
Berani
mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
|
Melakukan
gerak ke dalam bentuk tari bertema “Hemat Energi” dengan mengacu pada gaya
tari daerah
|
|
PJOK
|
3.11 Memahami
jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama melakukan
aktivitas fisik
|
Melakukan
penanggulangan cedera
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar