Kamis, 31 Juli 2014

RPP TEMATIK ITEGRATIF 4B TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI PERTEMUAN KE I DAN IV 2013



Pertemuan I (Hari I):
A.     Tujuan Pembelajaran
                        1.    Mendeskripsikan macam-macam energi dengan cara saling berdialog.
                        2.    Memahami hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi.

B.     Materi Pembelajaran
                        1.      Macam-macam energi.
                        2.      Hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi.

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                        : diskusi, observasi

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
                        1.      Media Pembelajaran
a.       Lingkungan sekitar
b.      Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
                        2.      Alat Pembelajaran
a.       Komputer
b.      LCD/Proyektor
                        3.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.    Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait dengan subtema, yaitu energi dalam kehidupan. 
b.   Apersepsi: bertanya jawab tentang macam-macam energi yang ada di lingkungan.
Contoh:
1)   Sebutkan energi yang sering kamu pakai.
2)   Apa yang dimaksud sumber daya alam?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang energi dalam lehidupan.

2.      Inti
a.       Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1)      Mengamati percakapan Dinda dan Fahira tentang matahari yang merupakan salah satu energi panas.
2)      Memperhatikan penjelasan guru tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan tentang fungsi matahari bagi kehidupan.
2)      Mengajukan pertanyaan tentang perbedaan sumber daya alam yang diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan data/informasi tentang macam-macam energi yang ada di lingkungan sekitar.
2)      Mengumpulkan data/informasi tentang sumber daya alam yang diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan macam-macam energi yang berguna untuk kehidupan.
2)      Menyimpulkan perbedaan sumber daya alam yang diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.
Mengkomunikasikan
1)      Mengkomunasikan tugas yang diberikan oleh guru tentang pengamatan macam-macam energi yang ada di lingkungan.
2)      Mengkomunikasikan tugas yang diberikan oleh guru tentang macam-macam sumber daya alam dan pemanfaatannya.
b.      Mendiskusikan tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara sumber daya alam dengan kegiatan manusia, misalnya kegiatan ekonomi.

3.      Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan 2 (Hari 2):
A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Melakukan wawancara pada narasumber bidang energi.
2.      Membedakan berbagai bentuk energi dan pemanfaatannya.

B.     Materi Pembelajaran
                        1.      Wawancara.
                        2.      Berbagai bentuk energi dan pemanfaatannya.
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                        : wawancara, observasi, diskusi

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
a.    Lingkungan sekitar
b.   Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.      Alat Pembelajaran
a.    Komputer
b.   LCD/Proyektor
3.      Sumber Pembelajaran
a.    Buku Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu mewawancarai narasumber bidang energi dan membedakan berbagai bentuk energi dan pemanfaatannya. 
b.      Apersepsi: bertanya jawab tentang kata tanya yang digunakan dalam wawancara yang berhubungan energi.
Contoh:
1)      Bagaimana cara menghemat listrik?
2)      Apa saja alat elektronik yang digunakan di rumah?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang hasil wawancara dengan narasumber bidang energi dan pemanfaatan energi dalam kehidupan.

2.   Inti 
a.    Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1)      Memperhatikan penjelasan guru tentang kata tanya yang digunakan dalam wawancara.
2)      Memperhatikan percakapan Dinda, Dina, dan Dani tentang energi panas yang berupa matahari.
3)      Mengamati berbagai energi yang berguna bagi kehidupan
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan tentang contoh kata tanya yang digunakan dalam wawancara.
2)      Mengajukan pertanyaan tentang berbagai energi yang berguna bagi kehidupan.
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan daftar pertanyaan yang akan digunakan untuk melakukan wawancara terhadap narasumber bidang energi.
2)      Mengumpulkan data/informasi tentang berbagai energi yang berguna kehidupan
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan kata tanya yang digunakan dalam wawancara.
2)      Menyimpulkan pemanfaatan berbagai energi dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan
1)      Melakukan dialog/wawancara dengan narasumber bidang energi atau teman sekelas tentang energi.
2)      Menjelaskan di depan kelas tentang contoh energi yang digunakan dalam kehidupan.
3.      Mendiskusikan tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara berbagai bentuk energi dengan pemanfaatannya.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan 3 (Hari 3):
A.     Tujuan Pembelajaran
                        1.      Menunjukkan contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan ada dalam kehidupan di keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar dengan rasa percaya diri.
                        2.      Menunjukkan perilaku hemat energi.

B.     Materi Pembelajaran
1.      Bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat (hemat energi).
2.      Sumber energi.

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                        : observasi, diskusi

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
a.    Lingkungan sekitar
b.   Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.      Alat Pembelajaran
a.    Komputer
b.   LCD/Proyektor
3.      Sumber Pembelajaran
Buku Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat. Salah satu bentuk kepatuhan tersebut adalah hemat energi.
b.      Apersepsi: bertanya jawab tentang cara berhemat energi.
Contoh:
1)      Mengapa kita harus hemat?
2)      Sebutkan contoh perilaku hemat yang dilakukan di rumah.
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang perilaku hemat terhadap penggunaan energi.


2.   Inti 
a.    Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1)      Mengamati wacana berjudul “Menaati Aturan” yang dibacakan oleh teman atau gurumu.
2)      Mengamati wacana berjudul “Hemat Energi” yang dibacakan oleh teman atau gurumu.
3)      Memperhatikan percakapan antara Adi dan Made yang akan diperagakan oleh temanmu.
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan tentang pengertian tata tertib.
2)      Mengajukan pertanyaan tentang sumber energi.
3)      Mengajukan pertanyaan tentang hemat energi.
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan data/informasi tentang contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar.
2)      Mengumpulkan data/informasi tentang macam-macam sumber energi.
3)      Mengumpulkan data/informasi tentang perilaku hemat energi.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar.
2)      Menyimpulkan sumber energi yang ada di alam.
3)      Menyimpulkan perilaku hemat energi dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan
1)      Menjelaskan bentuk kepatuhan yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2)      Menjelaskan contoh sumber energi terbarukan dan tidak terbarukan.
3)      Mengkomunikasikan contoh perilaku hemat energi.
b. Mendiskusikan tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara sumber energi yang terdapat di alam dengan perilaku hemat terhadap energi tersebut.

3.   Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar