Pertemuan I (Hari I):
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Mendeskripsikan macam-macam energi dengan cara
saling berdialog.
2. Memahami hubungan sumber daya alam dengan
kegiatan ekonomi.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Macam-macam energi.
2.
Hubungan sumber daya alam dengan
kegiatan ekonomi.
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode :
diskusi, observasi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
b.
Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.
Alat
Pembelajaran
a.
Komputer
b.
LCD/Proyektor
3.
Sumber
Pembelajaran
a.
Buku Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan subtema, yaitu energi dalam
kehidupan.
b.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
macam-macam energi yang ada di lingkungan.
Contoh:
1)
Sebutkan energi yang sering kamu
pakai.
2)
Apa yang dimaksud sumber daya
alam?
c.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu tentang energi dalam lehidupan.
2. Inti
a.
Membimbing siswa secara
berkelompok untuk:
Mengamati
1)
Mengamati percakapan Dinda dan
Fahira tentang matahari yang merupakan salah satu energi panas.
2)
Memperhatikan penjelasan guru
tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.
Menanya
1)
Mengajukan
pertanyaan tentang fungsi matahari bagi kehidupan.
2)
Mengajukan
pertanyaan tentang perbedaan sumber daya alam yang diperbaharui dan tidak dapat
diperbaharui.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
data/informasi tentang macam-macam energi yang ada di lingkungan sekitar.
2)
Mengumpulkan
data/informasi tentang sumber daya alam yang diperbaharui dan tidak dapat
diperbaharui.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
macam-macam energi yang berguna untuk kehidupan.
2)
Menyimpulkan
perbedaan sumber daya alam yang diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.
Mengkomunikasikan
1)
Mengkomunasikan
tugas yang diberikan oleh guru tentang pengamatan macam-macam energi yang ada
di lingkungan.
2)
Mengkomunikasikan
tugas yang diberikan oleh guru tentang macam-macam sumber daya alam dan
pemanfaatannya.
b.
Mendiskusikan tugas
yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara sumber daya alam
dengan kegiatan manusia, misalnya kegiatan ekonomi.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan 2 (Hari 2):
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Melakukan wawancara pada
narasumber bidang energi.
2.
Membedakan berbagai bentuk energi
dan pemanfaatannya.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Wawancara.
2.
Berbagai bentuk energi dan
pemanfaatannya.
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode :
wawancara, observasi, diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
b.
Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat Pembelajaran
a.
Komputer
b.
LCD/Proyektor
3. Sumber Pembelajaran
a.
Buku Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu
mewawancarai narasumber bidang energi dan membedakan berbagai bentuk energi dan
pemanfaatannya.
b.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
kata tanya yang digunakan dalam wawancara yang berhubungan energi.
Contoh:
1)
Bagaimana cara menghemat listrik?
2)
Apa saja alat elektronik yang
digunakan di rumah?
c.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu tentang hasil wawancara dengan narasumber bidang
energi dan pemanfaatan energi dalam kehidupan.
2. Inti
a. Membimbing
siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1) Memperhatikan
penjelasan guru tentang kata tanya yang digunakan dalam wawancara.
2) Memperhatikan
percakapan Dinda, Dina, dan Dani tentang energi panas yang berupa matahari.
3) Mengamati
berbagai energi yang berguna bagi kehidupan
Menanya
1)
Mengajukan
pertanyaan tentang contoh kata tanya yang digunakan dalam wawancara.
2)
Mengajukan
pertanyaan tentang berbagai energi yang berguna bagi kehidupan.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan daftar
pertanyaan yang akan digunakan untuk melakukan wawancara terhadap narasumber
bidang energi.
2)
Mengumpulkan
data/informasi tentang berbagai energi yang berguna kehidupan
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan kata
tanya yang digunakan dalam wawancara.
2)
Menyimpulkan pemanfaatan
berbagai energi dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan
1)
Melakukan
dialog/wawancara dengan narasumber bidang energi atau teman sekelas tentang
energi.
2)
Menjelaskan di
depan kelas tentang contoh energi yang digunakan dalam kehidupan.
3.
Mendiskusikan tugas
yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara berbagai bentuk
energi dengan pemanfaatannya.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan 3 (Hari 3):
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Menunjukkan contoh
bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan ada dalam
kehidupan di keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar dengan rasa percaya diri.
2.
Menunjukkan
perilaku hemat energi.
B.
Materi Pembelajaran
1. Bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan
adat (hemat energi).
2. Sumber energi.
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode :
observasi, diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
b.
Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat Pembelajaran
a.
Komputer
b.
LCD/Proyektor
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi
untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama,
2013.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib,
tradisi, dan adat. Salah satu bentuk kepatuhan tersebut adalah hemat
energi.
b.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
cara berhemat energi.
Contoh:
1)
Mengapa kita harus hemat?
2)
Sebutkan contoh perilaku hemat
yang dilakukan di rumah.
c.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu tentang perilaku hemat terhadap penggunaan energi.
2. Inti
a. Membimbing
siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1) Mengamati
wacana berjudul “Menaati Aturan” yang dibacakan oleh teman atau gurumu.
2) Mengamati
wacana berjudul “Hemat Energi” yang dibacakan oleh teman atau gurumu.
3) Memperhatikan
percakapan antara Adi dan Made yang akan diperagakan oleh temanmu.
Menanya
1)
Mengajukan
pertanyaan tentang pengertian tata tertib.
2)
Mengajukan
pertanyaan tentang sumber energi.
3)
Mengajukan
pertanyaan tentang hemat energi.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan data/informasi
tentang contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan
adat dalam kehidupan di keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar.
2)
Mengumpulkan
data/informasi tentang macam-macam sumber energi.
3)
Mengumpulkan
data/informasi tentang perilaku hemat energi.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan bentuk
kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di
keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar.
2)
Menyimpulkan
sumber energi yang ada di alam.
3)
Menyimpulkan
perilaku hemat energi dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan
bentuk kepatuhan yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2)
Menjelaskan
contoh sumber energi terbarukan dan tidak terbarukan.
3)
Mengkomunikasikan
contoh perilaku hemat energi.
b. Mendiskusikan tugas yang telah
dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara sumber energi yang terdapat di
alam dengan perilaku hemat terhadap energi tersebut.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar