Kamis, 31 Juli 2014

RPP TEMATIK INTEGRATIF 4C PEDULI TERHADAP MAKLUK HIDUP PENILAIAN 2013



A.     Penilaian
1.      Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian

2.      Contoh Instrumen
a.      Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan




2
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




b.    Rubrik Penilaian Sikap


No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2:  belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi     
1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok 
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan angkanya yang penting, namun deskripsi sikap siswa).
a.      Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu  menggambar dan menuliskan bagian-bagian bunga.


2.
Siswa mampu mendengarkan lagu daerah.


3.
Siswa mampu membuat hiasan bunga dari kertas.


4.
Siswa mampu mengenal pola irama bertanda birama empat.


5.
Siswa mampu menyanyikan lagu bertanda birama empat.


6.
Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis akar.


7.
Siswa mampu mempraktikkan melempar bola.


8.
Siswa mampu menceritakan perilaku berdasarkan Pancasila.


9.
Siswa mampu mendiskusikan fungsi akar dan bagian tumbuhan lain.


10.
Siswa mampu mempraktikkan cara memukul bola.


11.
Siswa mampu mata pencaharian penduduk di desan dan kota.


12.
Siswa mampu mencari kata-kata di teks/wacana.


13.
Siswa mampu mempraktikkan gerakan headstand.


14.
Siswa mampu melaksanakan kerja sama.


15.
Siswa mampu mengamati bangun ruang di sekitarmu dan menguraikannya menjadi jaring-jaring.


16.
Siswa mampu mengatasi luka lecet.


Catatan: CeCentang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

b.      Lembar Tes Tertulis
PPKn
1.      Pengamalan sila ke berapakah sikap-sikap berikut?
a. Tidak memaksakan agama yang kita anut kepada orang lain.
b. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan.
c. Mengembangkan sikap tenggang rasa.
d. Bangga sebagai bangsa Indonesia.
e. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
2.    Sebutkan bentuk kerja sama yang kamu lakukan di sekolah.

Bahasa Indonesia
1.      Perhatikan teks berikut.
Mata Pencaharian
Kegiatan ekonomi penduduk di suatu daerah sangat bergantung pada sumber daya alam yang dimiliki daerahnya, dan menentukan jenis mata pencarian yang berkembang di masyarakat.Di pedesaan, misalnya lahan pertaniannya masih luas dan subur.Masyarakat pedesaan mengelola lahan pertanian untuk ditanami beragam jenis sayuran dan ada juga yang beternak.
Di perkotaan kegiatan perekonomiannya sangat beragam, yaitu industri, perdagangan, wiraswasta, karyawan, dan pegawai negeri sipil. Berbeda lagi untuk daerah di pesisir pantai. Masyarakat mengandalkan hasil laut untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut.
a.       Mata pencaharian penduduk desa adalah ….
b.      Mata pencaharian penduduk kota adalah ….
c.       Masyarakat desa memanfaatkan …. untuk bertahan hidup.
d.      Masyarakat di pesisir pantai mengandalkan …. untuk mencukupi kebutuhannya.

2.      Carilah sebuah teks cerita petualangan tentang lingkungan. Lalu, ceritakan kepada teman-temanmu di kelas.

Matematika
1.      Benda berikut adalah sebuah kardus bekas, dan dibuat menjadi sebuah tempat menyimpan tisu. Dapatkah benda berikut dibuat menjadi sebuah jaring-jaring?

2.      Jika dapat, uraikanlah menjadi sebuah jaring-jaring.

IPA
1.      Sebutkan bagian-bagian bunga berikut.


2.      Perhatikan gambar berikut.
Sebutkan yang termasuk akar tunggang dan serabut.

IPS
1.   Sebutkan mata pencaharian yang ada di Indonesia.
2.   Sebutkan mata pencaharian dan sumber daya alam yang dimanfaatkannya. (Contoh: nelayan memanfaatkan hasil laut untuk mencukupi kehidupannya)

Seni Budaya dan Prakarya
1.      Apa yang dimaksud dengan birama? Lalu, carilah lagu daerah bertanda birama empat yang bertemakan alam.
2.      Buatlah sebuah hiasan bunga dari sedotan, seperti gambar berikut.

PJOK
1.      Ketika sedang bermain, salah satu temanmu terjatuh dan sikut tangannya lecet. Bagaimana pertolongan pertama untuk mengatasi hal tersebut?
2.      Bagaimana cara melakukan headstand?

Kunci Jawaban
PPKn
1.      a. sila ke-1
b. sila ke-4
c. sila ke-2
d. sila ke-3
e. sila ke-5
2.    Jawaban disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Bahasa Indonesia
1.   a. bertani, beternak
      b. wiraswasta, PNS, karyawan swasta, dan lain-lain.
      c. lahan pertanian
      d. hasil laut
2.    Jawaban disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Matematika
1.      dapat
2.      Tempat tisu tersebut berbentuk persegi panjang.




IPA
1.
2. Gambar 1: akar tunggang
    Gambar 2: akar serabut.
IPS
1.   Mata pencaharian yang ada di Indonesia, yaitu petani, peternak, nelayan, PNS, wiraswata, polisi, tentara, perawat, dokter, karyawan swasta, dan lain-lain.
2.    Petani memanfaatkan lahan pertanian.
Nelayan memanfaatkan hasil laut.
Peternak memanfaatkan hewan ternak.
Wiraswasta pembuatan kursi memanfaatkan kayu.

Seni Budaya dan Prakarya
1.   Birama adalah ketukan dan pukulan yang teratur.
2.    Jawaban disesuaikan dengan kemampuan siswa.

PJOK
   1.    Jawaban disesuaikan dengan kemampuan siswa.
   2.    Cara headstand:  gerakan headstand dimulai dengan sikap jongkok, kedua tangan menempel pada matras, letakkan kepala di antara kedua tangan, angkat kedua kaki ke atas dengan bertumpu pada kepala dan kedua tangan, kekua kaki rapat dan lurus.

                                                                                                                         Cikaso,                 2014
Kepala Madrasah                                                                                              Guru Kelas



SUCI LESTARI. S.Pd.I                                                                                    HASBULOH.S.Pd.I
NIP. 197908122005 01 2009                                                                          NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar