A.
Penilaian
1.
Teknik dan
Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk
Kerja
|
·
Tes Uji Petik
Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan
|
||||
2
|
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
||||
3
|
Menunjukkan ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
b. Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan YME
|
3:
menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada
Tuhan YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi
atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat
refleksi
1:
belum menunjukkan ekspresi rasa syukur,
atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
|
2
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3:
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2:
menunjukkan rasa ingin tahu, namun
tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
1:
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil
terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:
berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
Deskripsi
sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan
angkanya yang penting, namun deskripsi sikap siswa).
a.
Lembar Tes
Unjuk Kerja
No.
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa mampu menggambar dan
menuliskan bagian-bagian bunga.
|
||
2.
|
Siswa mampu mendengarkan lagu daerah.
|
||
3.
|
Siswa mampu membuat hiasan bunga dari kertas.
|
||
4.
|
Siswa mampu mengenal pola irama bertanda birama empat.
|
||
5.
|
Siswa mampu menyanyikan lagu bertanda birama empat.
|
||
6.
|
Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis akar.
|
||
7.
|
Siswa mampu mempraktikkan melempar bola.
|
||
8.
|
Siswa mampu menceritakan perilaku berdasarkan Pancasila.
|
||
9.
|
Siswa mampu mendiskusikan fungsi akar dan bagian tumbuhan lain.
|
||
10.
|
Siswa mampu mempraktikkan cara memukul bola.
|
||
11.
|
Siswa mampu mata pencaharian penduduk di desan dan kota.
|
||
12.
|
Siswa mampu mencari kata-kata di teks/wacana.
|
||
13.
|
Siswa mampu mempraktikkan gerakan headstand.
|
||
14.
|
Siswa mampu melaksanakan kerja sama.
|
||
15.
|
Siswa mampu mengamati bangun ruang di sekitarmu dan menguraikannya
menjadi jaring-jaring.
|
||
16.
|
Siswa mampu mengatasi luka lecet.
|
Catatan: CeCentang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
b.
Lembar Tes
Tertulis
PPKn
1. Pengamalan sila ke berapakah sikap-sikap berikut?
a. Tidak
memaksakan agama yang kita anut kepada orang lain.
b.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan.
c.
Mengembangkan sikap tenggang rasa.
d. Bangga
sebagai bangsa Indonesia.
e.
Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
2. Sebutkan
bentuk kerja sama yang kamu lakukan di sekolah.
Bahasa
Indonesia
1. Perhatikan teks berikut.
Mata
Pencaharian
Kegiatan ekonomi penduduk di suatu daerah sangat bergantung pada
sumber daya alam yang dimiliki daerahnya, dan menentukan jenis mata pencarian
yang berkembang di masyarakat.Di pedesaan, misalnya lahan pertaniannya masih
luas dan subur.Masyarakat pedesaan mengelola lahan pertanian untuk ditanami
beragam jenis sayuran dan ada juga yang beternak.
Di perkotaan kegiatan perekonomiannya
sangat beragam, yaitu industri, perdagangan, wiraswasta, karyawan, dan pegawai
negeri sipil. Berbeda lagi untuk daerah di pesisir pantai. Masyarakat
mengandalkan hasil laut untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut.
a. Mata pencaharian penduduk desa adalah ….
b. Mata pencaharian penduduk kota adalah ….
c. Masyarakat desa memanfaatkan …. untuk bertahan hidup.
d. Masyarakat di pesisir pantai mengandalkan …. untuk
mencukupi kebutuhannya.
2. Carilah sebuah teks cerita petualangan tentang
lingkungan. Lalu, ceritakan kepada teman-temanmu di kelas.
Matematika
1. Benda berikut adalah sebuah kardus bekas, dan dibuat menjadi sebuah
tempat menyimpan tisu. Dapatkah benda berikut dibuat menjadi sebuah
jaring-jaring?
2. Jika dapat, uraikanlah menjadi sebuah jaring-jaring.
IPA
1. Sebutkan bagian-bagian bunga berikut.
2. Perhatikan gambar berikut.
Sebutkan yang termasuk akar tunggang
dan serabut.
IPS
1. Sebutkan mata pencaharian yang ada di
Indonesia.
2. Sebutkan mata pencaharian dan sumber daya alam
yang dimanfaatkannya. (Contoh: nelayan memanfaatkan hasil laut untuk mencukupi
kehidupannya)
Seni Budaya dan Prakarya
1. Apa yang dimaksud dengan
birama? Lalu, carilah lagu daerah bertanda birama empat yang bertemakan alam.
2.
Buatlah sebuah hiasan bunga
dari sedotan, seperti gambar berikut.
PJOK
1. Ketika sedang bermain, salah satu temanmu terjatuh dan sikut tangannya
lecet. Bagaimana pertolongan pertama untuk mengatasi hal tersebut?
2. Bagaimana cara melakukan headstand?
Kunci Jawaban
PPKn
1. a. sila ke-1
b. sila ke-4
c. sila ke-2
d. sila ke-3
e. sila ke-5
2. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan siswa.
Bahasa
Indonesia
1. a. bertani,
beternak
b.
wiraswasta, PNS, karyawan swasta, dan lain-lain.
c. lahan
pertanian
d. hasil
laut
2. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan siswa.
Matematika
1. dapat
2. Tempat tisu tersebut berbentuk persegi panjang.
IPA
1.
2. Gambar 1: akar tunggang
Gambar 2:
akar serabut.
IPS
1. Mata
pencaharian yang ada di Indonesia, yaitu petani, peternak, nelayan, PNS,
wiraswata, polisi, tentara, perawat, dokter, karyawan swasta, dan lain-lain.
2. Petani
memanfaatkan lahan pertanian.
Nelayan memanfaatkan hasil laut.
Peternak memanfaatkan hewan ternak.
Wiraswasta
pembuatan kursi memanfaatkan kayu.
Seni Budaya dan Prakarya
1. Birama adalah ketukan dan pukulan yang
teratur.
2. Jawaban disesuaikan dengan kemampuan siswa.
PJOK
1.
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan siswa.
2.
Cara headstand: gerakan headstand
dimulai dengan sikap jongkok, kedua tangan menempel pada matras, letakkan
kepala di antara kedua tangan, angkat kedua kaki ke atas dengan bertumpu pada
kepala dan kedua tangan, kekua kaki rapat dan lurus.
Cikaso, 2014
Kepala Madrasah Guru Kelas
SUCI LESTARI. S.Pd.I HASBULOH.S.Pd.I
NIP. 197908122005 01 2009 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar