Pertemuan 4 (Hari 4):
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Memahami kenampakan
alam dan sumber daya alam.
2.
Melakukan penanggulangan
cedera.
3.
Menemukan bangun
segibanyak yang membentuk pola pengubinan.
B. Materi Pembelajaran
1.
Kenampakkan alam
dan sumber daya alam (dataran rendah).
2.
Penanggulangan
cedera.
3.
Bangun segibanyak
yang membentuk pola pengubinan.
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode :
observasi, diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
b.
Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat Pembelajaran
a.
Komputer
b.
LCD/Proyektor
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi
untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama,
2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu tentang tanah liat yang digunakan untuk ubin.
b.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
pengubinan.
Contoh:
1)
Terbuat dari apakah ubin lantai?
2)
Apakah proses pengubinan itu
sulit?
c.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu tentang proses pengubinan dan penanggulangan
cedera yang harus dilakukan oleh panambang tanah liat.
2. Inti
a. Membimbing
siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1) Menyimak
percakapan antara Dinda dan Ayah yang ada di buku tentang proses pengubinan dan
penanggulangan cedera.
2) Mengamati
bentuk dan motif keramik.
Menanya
1)
Mengajukan
pertanyaan tentang proses pengubinan.
2)
Mengajukan
pertanyaan tentang penangulangan cedera.
3)
Mengajukan
pertanyaan tentang bentuk ubin atau keramik yang ada di lingkungan.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan data/informasi
tentang proses pengubinan.
2)
Mengumpulkan
data/informasi tentang penangulangan cedera.
3)
Mengumpulkan
data/informasi tentang bentuk ubin atau keramik yang ada di lingkungan.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan proses
pengubinan.
2)
Menyimpulkan
cara penangulangan cedera.
3)
Menyimpulkan bentuk
ubin atau keramik yang ada di lingkungan.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan
proses pengubinan.
2)
Menjelaskan
penanggulangan cedera yang
harus dilakukan oleh panambang tanah liat.
3)
Mengkomunikasikan
bentuk dan motif keramik.
b. Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara proses pengubinan dengan cara menanggulangi cedera orang yang melakukan
proses pengubinan (pnambang tanah liat).
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan 5 (Hari 5):
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Melakukan
pola pengubinan segibanyak beraturan maupun tak beraturan.
2.
Menunjukkan
rasa percaya diri dan kebebasan dalam berkarya.
B.
Materi Pembelajaran
1. Pola pengubinan.
2. Membuatpola pengubinan.
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode :
observasi, diskusi, eksperimen
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
Power
Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat
Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
2. Alat Pembelajaran
a.
Kertas A4, Pensil, Penggaris,
Gunting, Daun Kering, Koran Bekas, Karton
b.
Komputer
c.
LCD/Proyektor
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi
untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama,
2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu membuat prakarya (sebuah pola pengubinan) dari benda yang
sudah tidak digunakan.
b.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
pola pengubinan.
Contoh:
Pola
pengubinan seperti apa yang pernah kalian lihat?
c.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu tentang membuat prakrya dengan menggunakan benda
yang sudah tidak digunakan.
2. Inti
a. Membimbing
siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1) Mengamati pola pengubinan yang ada di lingkungan
sekitar dan buku.
2) Memperhatikan
penjelasan guru tentang proses pembuatan prakarya.
Menanya
1)
Mengajukan
pertanyaan tentang pola pengubinan yang sering ditemukan/dilihat oleh siswa.
2)
Mengajukan
pertanyaan tentang cara pembuatan prakarya (pola pengubinan) menggunakan bahan
alam.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan data/informasi
tentang pola pengubinan yang sering ditemukan.
2)
Mengumpulkan
data/informasi tentang cara pembuatan prakarya (pola pengubinan) menggunakan
bahan alam.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan pola-pola
pengubinan segibanyak beraturan maupun tak beraturan.
2)
Menyimpulkan
caramembuat prakarya menggunakan bahan alam.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan
pola-pola pengubinan yang sering ditemukan, baik segibanyak beraturan, maupun
tak beraturan.
2)
Mengkomunikaasikan
cara membuat prakarya dengan menggunakan pola pengubinan dari bahan alam.
b. Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara pola pengubinan yang sering ditemukan dengan pola pengubinan yang akan
dibuat menjadi sebuah prakarya.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan 6 (Hari 6):
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Membuat hasil karya
sebuah roncean dari rancangan yang dibuatnya.
2.
Melakukan gerak ke
dalam bentuk tari bertema “Hemat Energi” dengan mengacu pada gaya tari daerah.
3.
Menunjukkan
perilaku hemat energi.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Membuat roncean.
2.
Mengenal dan
melestarikan Tari Gong.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode :
observasi, eksperimen, diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
Power
Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat
Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama,
2013.
2. Alat Pembelajaran
a.
Manik-manik, biji-bijian, sedotan
minuman, klip kertas, dan lain-lain
b.
Komputer
c.
LCD/Proyektor
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi
untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama,
2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu membuat sebuah roncean dan mengenal Tari Gong yang
menggunakan teknik meronce pada pakaiannya.
b.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
teknik meronce.
Contoh:
1)
Apa yang dimaksud dengan teknik
meronce?
2)
Berasal dari manakah Tari Gong?
c.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu tentang teknik meronce dan Tari Gong.
2. Inti
a. Membimbing
siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1) Mengamati cara membuat sebuah kerajinan menggunakan
teknik meronce.
2) Memperhatikan
penjelasan guru tentang Tari Gong.
Menanya
1)
Mengajukan
pertanyaan tentang cara membuat kerajinan dengan menggunakan teknik meronce.
2)
Mengajukan
pertanyaan tentang Tari Gong.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan data/informasi
tentang cara membuat kerajinan dengan menggunakan teknik meronce.
2)
Mengumpulkan
data/informasi tentang Tari Gong yang berasal dari Dayak.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan cara
membuat kerajinan dengan menggunakan teknik meronce.
2)
Menyimpulkan tentang
Tari Gong yang berasal dari Dayak
Mengkomunikasikan
3)
Menjelaskan
cara membuat kerajinan dengan menggunakan teknik meronce.
4)
Mengkomunikaasikan
tentang tari Gong yang berasal dari Dayak.
b. Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara teknik meronce dengan Tari Gong.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan
menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar