Kamis, 31 Juli 2014

RPP TEMATIK INTEGRATIF 4B TEMA SELAU BERHEMAT PERTEMUAN KE IV DAN VI 2013



Pertemuan 4 (Hari 4):
A.     Tujuan Pembelajaran
                        1.      Memahami kenampakan alam dan sumber daya alam.
                        2.      Melakukan penanggulangan cedera.
                        3.      Menemukan bangun segibanyak yang membentuk pola pengubinan.

B.     Materi Pembelajaran
                        1.      Kenampakkan alam dan sumber daya alam (dataran rendah).
                        2.      Penanggulangan cedera.
                        3.      Bangun segibanyak yang membentuk pola pengubinan.

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                        : observasi, diskusi
D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
a.    Lingkungan sekitar
b.   Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.      Alat Pembelajaran
a.    Komputer
b.   LCD/Proyektor
3.      Sumber Pembelajaran
Buku Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.  Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.    Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu tentang tanah liat yang digunakan untuk ubin.
b.   Apersepsi: bertanya jawab tentang pengubinan.
Contoh:
1)      Terbuat dari apakah ubin lantai?
2)      Apakah proses pengubinan itu sulit?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang proses pengubinan dan penanggulangan cedera yang harus dilakukan oleh panambang tanah liat.

2.   Inti 
a.    Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1)      Menyimak percakapan antara Dinda dan Ayah yang ada di buku tentang proses pengubinan dan penanggulangan cedera.
2)      Mengamati bentuk dan motif keramik.
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan tentang proses pengubinan.
2)      Mengajukan pertanyaan tentang penangulangan cedera.
3)      Mengajukan pertanyaan tentang bentuk ubin atau keramik yang ada di lingkungan.
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan data/informasi tentang proses pengubinan.
2)      Mengumpulkan data/informasi tentang penangulangan cedera.
3)      Mengumpulkan data/informasi tentang bentuk ubin atau keramik yang ada di lingkungan.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan proses pengubinan.
2)      Menyimpulkan cara penangulangan cedera.
3)      Menyimpulkan bentuk ubin atau keramik yang ada di lingkungan.
Mengkomunikasikan
1)      Menjelaskan proses pengubinan.
2)      Menjelaskan penanggulangan cedera yang harus dilakukan oleh panambang tanah liat.
3)      Mengkomunikasikan bentuk dan motif keramik.
b.  Mendiskusikan tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara proses pengubinan dengan cara menanggulangi cedera orang yang melakukan proses pengubinan (pnambang tanah liat).

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan 5 (Hari 5):
A.     Tujuan Pembelajaran
                        1.      Melakukan pola pengubinan segibanyak beraturan maupun tak beraturan.
                        2.      Menunjukkan rasa percaya diri dan kebebasan dalam berkarya.

B.     Materi Pembelajaran
1.      Pola pengubinan.
2.      Membuatpola pengubinan.

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                        : observasi, diskusi, eksperimen

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.      Alat Pembelajaran
a.       Kertas A4, Pensil, Penggaris, Gunting, Daun Kering, Koran Bekas, Karton
b.      Komputer
c.       LCD/Proyektor
3.      Sumber Pembelajaran
Buku Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.  Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.    Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu membuat prakarya (sebuah pola pengubinan) dari benda yang sudah tidak digunakan.
b.   Apersepsi: bertanya jawab tentang pola pengubinan.
Contoh:
Pola pengubinan seperti apa yang pernah kalian lihat?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang membuat prakrya dengan menggunakan benda yang sudah tidak digunakan.

2.   Inti 
a.    Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1)      Mengamati  pola pengubinan yang ada di lingkungan sekitar dan buku.
2)      Memperhatikan penjelasan guru tentang proses pembuatan prakarya.
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan tentang pola pengubinan yang sering ditemukan/dilihat oleh siswa.
2)      Mengajukan pertanyaan tentang cara pembuatan prakarya (pola pengubinan) menggunakan bahan alam.
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan data/informasi tentang pola pengubinan yang sering ditemukan.
2)      Mengumpulkan data/informasi tentang cara pembuatan prakarya (pola pengubinan) menggunakan bahan alam.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan pola-pola pengubinan segibanyak beraturan maupun tak beraturan.
2)      Menyimpulkan caramembuat prakarya menggunakan bahan alam.
Mengkomunikasikan
1)      Menjelaskan pola-pola pengubinan yang sering ditemukan, baik segibanyak beraturan, maupun tak beraturan.
2)      Mengkomunikaasikan cara membuat prakarya dengan menggunakan pola pengubinan dari bahan alam.
b.  Mendiskusikan tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara pola pengubinan yang sering ditemukan dengan pola pengubinan yang akan dibuat menjadi sebuah prakarya.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.


Pertemuan 6 (Hari 6):
A.     Tujuan Pembelajaran
                        1.      Membuat hasil karya sebuah roncean dari rancangan yang dibuatnya.
                        2.      Melakukan gerak ke dalam bentuk tari bertema “Hemat Energi” dengan mengacu pada gaya tari daerah.
                        3.      Menunjukkan perilaku hemat energi.

B.     Materi Pembelajaran
                        1.      Membuat roncean.
                        2.      Mengenal dan melestarikan Tari Gong.

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                        : observasi, eksperimen, diskusi

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
Power Point Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.      Alat Pembelajaran
a.       Manik-manik, biji-bijian, sedotan minuman, klip kertas, dan lain-lain
b.      Komputer
c.       LCD/Proyektor
3.      Sumber Pembelajaran
Buku Facil: Tematik 4B Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.

E.  Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu membuat sebuah roncean dan mengenal Tari Gong yang menggunakan teknik meronce pada pakaiannya.
b.      Apersepsi: bertanya jawab tentang teknik meronce.
Contoh:
1)      Apa yang dimaksud dengan teknik meronce?
2)      Berasal dari manakah Tari Gong?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang teknik meronce dan Tari Gong.

2.   Inti 
a.    Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1)      Mengamati  cara membuat sebuah kerajinan menggunakan teknik meronce.
2)      Memperhatikan penjelasan guru tentang Tari Gong.
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan tentang cara membuat kerajinan dengan menggunakan teknik meronce.
2)      Mengajukan pertanyaan tentang Tari Gong.
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan data/informasi tentang cara membuat kerajinan dengan menggunakan teknik meronce.
2)      Mengumpulkan data/informasi tentang Tari Gong yang berasal dari Dayak.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan cara membuat kerajinan dengan menggunakan teknik meronce.
2)      Menyimpulkan tentang Tari Gong yang berasal dari Dayak
Mengkomunikasikan
3)      Menjelaskan cara membuat kerajinan dengan menggunakan teknik meronce.
4)      Mengkomunikaasikan tentang tari Gong yang berasal dari Dayak.
b.  Mendiskusikan tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan keterkaitan antara teknik meronce dengan Tari Gong.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar