Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Tematik
Integratif
Satuan Pendidikan : MIS Pasirlingga
Tema : 4C Peduli terhadap
Makhluk Hidup
Subtema : Manfaat Tumbuhan bagi
Kita
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 32x
35 menit (6 x pertemuan)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga dan guru
KI 2 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Ki 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
Kompetensi Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar
rumah
dan sekolah dari sudut pandang ke;ima
symbol
Pancasila
sebagai satu kesatuan yang utuh.
|
1. Menceritakan perilaku di sekitar rumah
dan sekolah berdasarkan Pancasila.
2.
Melaksanakan
sikap kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
|
Bahasa
Indonesia
|
4.4
Meyajikan
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara
mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baru.
|
Mencari kata-kata di dalam teks.
|
Matematika
|
2.6 Menunjukkan
perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di
sekitar rumah, sekolah atau bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus
dan balok berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan.
|
Mengurai jaring-jaring dari barang bekas yang
berbentuk bangun ruang.
|
1.4
Mengurai
dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana.
|
Mengamati
bentuk bangun ruang di sekitarmu dan menguraikannya menjadi jaring-jaring.
|
|
IPA
|
3.1 Menjelaskan
bentuk luar tubuh tumbuhan dan fungsinya.
|
1. Menggambar bunga dan menuliskan
bagian-bagian bunga.
2. Mengamati dan menjelaskan
bentuk-bentuk akar.
|
1.1
Menuliskan laporan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tumbuhan fungsinya.
|
1. Mendiskusikan fungsi akar pada
tumbuhan.
2.
Mendiskusikan
fungsi akar dan batang yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan
obat-obatan.
|
|
IPS
|
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi
dengan
lingkungan alam, social, budaya, dan
ekonomi
|
Mengetahui
aktivitas ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam.
|
Seni
Budaya dan Prakarya
|
4.14
Membuat
karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan
memanfaatkan bahan di lingkungan.
|
Membuat hiasan bunga dari kertas.
|
4.6
Memainkan
pola irama bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang dan pendek
bunyi.
|
1. Mengenalkan pola irama lagu bertanda
birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang pendek bunyi.
2.
Mendengarkan
lagu daerah.
3.
Menyanyikan
bersama-sama lagu daerah dengan pola irama lagu bertanda birama empat dan
menunjukkan perbedaan panjang dan pendek bunyi.
|
|
PJOK
|
3.4 Memahami jenis
cidera selama melakukan penanggulangan
sederhana selama aktivitas fisik.
|
Melakukan pertolongan pertama pada
luka lecet.
|
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak
dasar lokomotir, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permaianan dan atau olahraga
tradisional bola kecil.
|
1. Mempraktikkan cara melempar bola
menyusuri tanah secara berpasangan.
2.
Mempraktikkan
cara memukul bola melambung.
|
|
4.4 Mempraktikkan
pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/teknik dasar senam (seperti:
hand stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan
dinamis, tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan)
secara berpasangan.
Pertemuan 1 (Hari 1):
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode tanya jawab, diskusi dan demontrasi
peserta didik dapat :
1.
Menggambar bunga
dan menuliskan bagian-bagian bunga.
2.
Mendengarkan lagu
daerah.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Mendengarkan lagu daerah
2.
Bagian-bagian bunga
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode : diskusi, observasi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
2. Alat Pembelajaran
a.
Bunga
b.
Gambar macam- macam bunga
c.
Teks lagu daerah Bungong jumpa
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4C Peduli Terhadap Makhluk
Hidup untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E.
Langkah
– langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu
mendengarkan lagu daerah yang berbirama empat dengan tema alam dan menuliskan
serta menggambarkan bentuk luar tubuh bunga.
b.
Mengajak siswa berdo’a bersama (
untuk mengawali kegiatan pembelajaran )
c.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran
d.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
lagu daerah dan bagian bunga.
Contoh:
1)
Apakah kalian pernah mendengarkan
lagu daerah bertemakan alam?
2)
Sebutkan salah satu bagian bunga.
e.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu mendengarkan
lagu daerah yang berbirama empat dengan tema alam dan menuliskan serta
menggambarkan bentuk luar tubuh bunga.
2. Inti
a.
Membimbing siswa secara
berkelompok untuk:
Mengamati
1)
Mengamati lirik lagu daerah
Bungong Jeumpa yang berasal dari Aceh, lalu mendengarkannya.
2)
Mengamati arti lagu daerah
Bungong Jeumpa.
3)
Mencari lagu daerah lain dengan
tema alam.
4)
Mengamati bentuk luar tubuh
bunga.
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan arti dari lagu daerah Bungong Jeumpa.
2) Mengajukan pertanyaan tentang lagu daerah lain dengan tema alam.
3) Mengajukan pertanyaan tentang bentuk luar tubuh bunga yang telah
diamati.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
informasi tentang arti lagu daerah Bungong Jeumpa.
2)
Mengumpulkan
data/informasi tentang lagu daerah lain yang bertema alam.
3)
Mengumpulkan
data tentang bagian-bagian luar tubuh bunga.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan arti lagu Bungong Jeumpa.
2)
Menyimpulkan
bagian-bagian bunga.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan arti
lagu Bungong Jeumpa.
2)
Mengkomunikasikan
lagu daerah lain yang bertema alam.
3)
Mempresentasikan
bagian-bagian bunga.
b.
Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan materi pada hari tersebut, yaitu mendengarkan lagu
daerah yang berbirama empat dengan tema alam dan menuliskan serta menggambarkan
bentuk luar tubuh bunga.
3. Penutup
- Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
- Peserta
didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini:
~
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini?
~
Kegiatan apa yang paling kalian senangi?
~
Adakah materi yang sulit dipahami?
-
Peserta didik mendapat tugas untuk dikerjakan di rumahsebagaitindaklanjut
-
Peserta didik dengan bimbingan guru dapat menyim-pulkan tentang materi
pembelajaran
-
Guru
menutup kegiatan
|
Mempraktikkan
gerak kopstan secara mandiri.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar