Kamis, 31 Juli 2014

RPP TEMATIK INTEGRATIF 4C PDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP PERTEMUAN KE I 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Tematik Integratif

Satuan Pendidikan   : MIS Pasirlingga            
Tema                        :  4C Peduli terhadap Makhluk Hidup
Subtema                   :  Manfaat Tumbuhan bagi Kita
Kelas/Semester        : IV/1
Alokasi Waktu         :  32x 35 menit (6 x pertemuan)

Kompetensi Inti
KI 1       : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Memiliki  perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun,  peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru
KI 2     : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Ki 4     : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar     
       rumah dan sekolah dari sudut pandang ke;ima    
      symbol    Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
1.       Menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah berdasarkan Pancasila.
2.       Melaksanakan sikap kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Bahasa Indonesia
4.4      Meyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru.
Mencari kata-kata di dalam teks.
Matematika
2.6   Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah, sekolah atau bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan.
Mengurai jaring-jaring dari barang bekas yang berbentuk bangun ruang.
1.4       Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana.
Mengamati bentuk bangun ruang di sekitarmu dan menguraikannya menjadi jaring-jaring.
IPA
3.1    Menjelaskan bentuk luar tubuh tumbuhan dan fungsinya.
1.       Menggambar bunga dan menuliskan bagian-bagian bunga.
2.       Mengamati dan menjelaskan bentuk-bentuk akar.

1.1      Menuliskan  laporan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tumbuhan fungsinya.
1.       Mendiskusikan fungsi akar pada tumbuhan.
2.       Mendiskusikan fungsi akar dan batang yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan obat-obatan.
IPS
3.5   Memahami manusia dalam dinamika interaksi
        dengan lingkungan alam, social, budaya, dan       
        ekonomi
Mengetahui aktivitas ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam.
Seni Budaya dan Prakarya
4.14   Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
Membuat hiasan bunga dari kertas.
4.6      Memainkan pola irama bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang dan pendek bunyi.
1.       Mengenalkan pola irama lagu bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang pendek bunyi.
2.       Mendengarkan lagu daerah.
3.       Menyanyikan bersama-sama lagu daerah dengan pola irama lagu bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang dan pendek bunyi.
PJOK
3.4 Memahami jenis cidera selama melakukan   penanggulangan sederhana selama aktivitas fisik.
Melakukan pertolongan pertama pada luka lecet.


4.2      Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotir, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permaianan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
1.       Mempraktikkan cara melempar bola menyusuri tanah secara berpasangan.
2.       Mempraktikkan cara memukul bola melambung.

4.4 Mempraktikkan pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis, tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan.


Pertemuan 1 (Hari 1):

A.     Tujuan Pembelajaran



Melalui metode tanya jawab, diskusi dan demontrasi peserta didik dapat :


                        1.      Menggambar bunga dan menuliskan bagian-bagian bunga.
                        2.      Mendengarkan lagu daerah.

B.     Materi Pembelajaran
                        1.      Mendengarkan lagu daerah
                        2.      Bagian-bagian bunga

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : diskusi, observasi

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
a.       Lingkungan sekitar
2.      Alat Pembelajaran
a.       Bunga
b.      Gambar macam- macam bunga
c.       Teks lagu daerah Bungong  jumpa
3.      Sumber Pembelajaran
Buku Facil: Tematik 4C Peduli Terhadap Makhluk Hidup untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.

E.     Langkah – langkah Pembelajaran
1.   Pendahuluan
a.    Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu mendengarkan lagu daerah yang berbirama empat dengan tema alam dan menuliskan serta menggambarkan bentuk luar tubuh bunga.
b.   Mengajak siswa berdo’a bersama ( untuk mengawali kegiatan pembelajaran )
c.    Melakukan komunikasi tentang kehadiran
d.   Apersepsi: bertanya jawab tentang lagu daerah dan bagian bunga.
Contoh:
1)      Apakah kalian pernah mendengarkan lagu daerah bertemakan alam?
2)      Sebutkan salah satu bagian bunga.
e.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu  mendengarkan lagu daerah yang berbirama empat dengan tema alam dan menuliskan serta menggambarkan bentuk luar tubuh bunga.
2.      Inti 
a.    Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1)      Mengamati lirik lagu daerah Bungong Jeumpa yang berasal dari Aceh, lalu mendengarkannya.
2)      Mengamati arti lagu daerah Bungong Jeumpa.
3)      Mencari lagu daerah lain dengan tema alam.
4)      Mengamati bentuk luar tubuh bunga.
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan arti dari lagu daerah Bungong Jeumpa.
2)      Mengajukan pertanyaan tentang lagu daerah lain dengan tema alam.
3)      Mengajukan pertanyaan tentang bentuk luar tubuh bunga yang telah diamati.
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan informasi tentang arti lagu daerah Bungong Jeumpa.
2)      Mengumpulkan data/informasi tentang lagu daerah lain yang bertema alam.
3)      Mengumpulkan data tentang bagian-bagian luar tubuh bunga.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan arti lagu Bungong Jeumpa.
2)      Menyimpulkan bagian-bagian bunga.
Mengkomunikasikan
1)      Menjelaskan arti lagu Bungong Jeumpa.
2)      Mengkomunikasikan lagu daerah lain yang bertema alam.
3)      Mempresentasikan bagian-bagian bunga.
b.   Mendiskusikan tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan materi pada hari tersebut, yaitu mendengarkan lagu daerah yang berbirama empat dengan tema alam dan menuliskan serta menggambarkan bentuk luar tubuh bunga.
3.    Penutup
-         Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
-     Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini:
~           Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini?
~           Kegiatan apa yang paling kalian senangi?
~           Adakah materi yang sulit dipahami?
-                      Peserta didik mendapat tugas untuk dikerjakan di rumahsebagaitindaklanjut
-                      Peserta didik dengan bimbingan  guru dapat menyim-pulkan tentang materi pembelajaran
-                      Guru menutup kegiatan
 
Mempraktikkan gerak kopstan secara mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar