Pertemuan 2 (Hari 2):
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode tanya jawab, diskusi dan demontrasi
peserta didik dapat :
1.
Membuat hiasan
bunga dari kertas.
2.
Mengenalkan pola
irama lagu bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang pendek
bunyi.
3.
Menyanyikan
bersama-sama lagu daerah dengan pola irama lagu bertanda birama empat dan
menunjukkan perbedaan panjang dan pendek bunyi.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Membuat hiasan dari kertas
2.
Mengenal pola irama lagu bertanda
birama empat dan menunjukan perbedaan panjang pendek bunyi
3.
Menyanyikan lagu yang berbirama
empat.
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode : diskusi, observasi, eksperimen
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
2. Alat Pembelajaran
a.
Kertas karton, pensil, cat air,
kuas, gunting, lem, kertas HVS
b.
Teks lagu
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4C Peduli Terhadap Makhluk
Hidup untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E.
Langkah
– langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu
membuat hiasan bunga dari kertas, mengenal dan menyanyikan lagu daerah dengan
pola irama lagu bertanda birama empat.
b.
Mengajak siswa berdo’a bersama (
untuk mengawali kegiatan pembelajaran )
c.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran
d.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
pembuatan prakarya dan pola lagu bertanda birama empat.
Contoh:
1)
Apakah kalian pernah membuat hiasan
bunga dari kertas?
2)
Apakah kalian tahu pola irama
lagu bertanda birama empat?
e.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu membuat
hiasan bunga dari kertas, mengenal dan menyanyikan lagu daerah dengan pola
irama lagu bertanda birama empat.
2. Inti
a.
Membimbing siswa secara
berkelompok untuk:
Mengamati
1)
Mengamati cara pembuatan bunga
dari kertas.
2)
Memperhatikan penjelasan guru
tentang pola irama lagu bertanda birama empat.
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan tentang cara pembuatan bunga dari kertas.
2) Mengajukan pertanyaan tentang pola irama lagu bertanda birama
empat.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
informasi tentang cara pembuatan bunga dari kertas.
2)
Mengumpulkan
informasi tentang pola
irama lagu bertanda birama empat dan contoh lagunya.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan cara pembuatan bunga dari kertas.
2)
Menyimpulkan
tentang pola
irama lagu bertanda birama empat dan contoh lagunya.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan cara
pembuatan bunga dari kertas dan memperlihatkan hasilnya.
2)
Mengkomunikasikan
tentang pola irama lagu bertanda birama empat.
3)
Menyanyikan
lagu daerah bertanda birama empat, contoh lagu Bungong Jeumpa.
b.
Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan materi pada hari tersebut, yaitu membuat hiasan bunga
dari kertas, mengenal dan menyanyikan lagu daerah dengan pola irama lagu
bertanda birama empat.
3. Penutup
- Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
- Peserta
didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini:
~
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini?
~
Kegiatan apa yang paling kalian senangi?
~
Adakah materi yang sulit dipahami?
-
Peserta didik mendapat tugas untuk dikerjakan di rumahsebagaitindaklanjut
-
Peserta didik dengan bimbingan guru dapat menyim-pulkan tentang materi
pembelajaran
-
Guru
menutup kegiatan
Pertemuan 3 (Hari 3):
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode tanya jawab, diskusi dan demontrasi
peserta didik dapat :
1.
Mengamati dan
menjelaskan bentuk-bentuk akar.
2.
Mempraktikkan cara
melempar bola menyusuri tanah secara berpasangan.
3.
Menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah berdasarkan Pancasila.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Mengelompokkan bentuk akar
2.
Mengamalkan sila-sila Pancasila
3.
Cara melempar bola.
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode :
diskusi, observasi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
2. Alat Pembelajaran
a.
Komputer
b.
Teks pancasila
c.
Gambar pohon
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4C Peduli Terhadap Makhluk
Hidup untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu
mengelompokkan bentuk/jenis akar, mengamalkan sila-sila Pancasila, dan bermain
lempar bola.
b.
Mengajak siswa berdo’a bersama (
untuk mengawali kegiatan pembelajaran )
c.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran
d.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
jenis akar dan sila Pancasila.
Contoh:
1)
Apakah kalian tahu jenis-jenis akar?
2)
Sebutkan sila-sila dalam
pancasila.
e.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu mengelompokkan
bentuk/jenis akar, mengamalkan sila-sila Pancasila, dan bermain lempar bola.
2. Inti
a.
Membimbing siswa secara
berkelompok untuk:
Mengamati
1) Mengamati
akar pada tumbuhan dan mengelompokkannya.
2) Memperhatikan
perilaku yang sesuai dengan butir Pancasila.
3) Mengamati
cara melempar bola.
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan tentang jenis-jenis akar pada tumbuhan.
2) Mengajukan pertanyaan tentang perilaku yang sesuai dengan
butir-butir Pancasila.
3) Mengajukan pertanyaan tentang cara melempar bola.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
informasi tentang jenis-jenis akar pada tumbuhan.
2)
Mengumpulkan
informasi tentang perilaku
yang sesuai dengan butir-butir Pancasila.
3)
Mengumpulkan
informasi tentang cara melempar bola.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan jenis-jenis akar pada tumbuhan.
2)
Menyimpulkan
tentang perilaku
yang sesuai dengan butir-butir Pancasila.
3)
Menyimpulkan
cara melempar bola.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan jenis-jenis
akar pada tumbuhan.
2)
Mengkomunikasikan
perilaku
yang sesuai dengan butir-butir Pancasila.
3)
Mempraktekkan
permainan yang menggunakan bola.
b.
Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan materi pada hari tersebut, yaitu mengelompokkan
bentuk/jenis akar, mengamalkan sila-sila Pancasila, dan bermain lempar bola.
3. Penutup
- Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
- Peserta
didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini:
~
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini?
~
Kegiatan apa yang paling kalian senangi?
~
Adakah materi yang sulit dipahami?
-
Peserta didik mendapat tugas untuk dikerjakan di rumahsebagaitindaklanjut
-
Peserta didik dengan bimbingan guru dapat menyim-pulkan tentang materi
pembelajaran
-
Guru
menutup kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar