Pertemuan 4 (Hari 4):
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode tanya jawab, diskusi dan demontrasi
peserta didik dapat :
1.
Mendiskusikan fungsi
akar pada tumbuhan.
2.
Mendiskusikan
fungsi akar dan batang yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan
obat-obatan.
3.
Mempraktikkan cara
memukul bola melambung.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Fungsi akar
2.
Akar dan batang yang dimanfaatkan
sebagai sumber makanan dan obat-obatan
3.
Cara memukul bola.
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode : diskusi, observasi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
2. Alat Pembelajaran
a.
Komputer
b.
Gambar macam – macam tumbuhan
c.
Gambar macam-macam akar
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4C Peduli Terhadap Makhluk
Hidup untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu
mendiskusikan fungsi akar dan cara memukul bola.
b.
Mengajak siswa berdo’a bersama (
untuk mengawali kegiatan pembelajaran )
c.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran
d.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
fungsi akar dan cara memukul bola.
Contoh:
1)
Apakah kalian tahu akar yang
befungsi menyimpan cadangan makanan?
2)
Tahukah kalian cara memukul bola
melambung?
e.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu mendiskusikan
fungsi akar dan cara memukul bola.
2. Inti
a.
Membimbing siswa secara
berkelompok untuk:
Mengamati
1)
Mengamati akar yang berfungsi
sebagai cadangan makanan.
2)
Mengamati bagian tumbuhan lain
yang dapat dimanfaatkan.
3)
Mengamati caramemukul bola.
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan tentang fungsi akar dan bagian tumbuhan lain.
2) Mengajukan pertanyaan tentang cara memukul bola.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
informasi tentang fungsi akar dan bagian tumbuhan lain.
2)
Mengumpulkan
informasi tentang cara
memukul bola.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
fungsi akar dan bagian tumbuhan lain.
2)
Menyimpulkan
caramemukul bola.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan
fungsi akar dan bagian tumbuhan lain.
2)
Mempraktekkan
permainan yang memukul bola.
b.
Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan materi pada hari tersebut, yaitu mendiskusikan fungsi akar
dan cara memukul bola.
3. Penutup
- Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
- Peserta
didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini:
~
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini?
~
Kegiatan apa yang paling kalian senangi?
~
Adakah materi yang sulit dipahami?
-
Peserta didik mendapat tugas untuk dikerjakan di rumahsebagaitindaklanjut
-
Peserta didik dengan bimbingan guru dapat menyim-pulkan tentang materi
pembelajaran
-
Guru
menutup kegiatan
Pertemuan 5 (Hari 5):
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode tanya jawab, diskusi dan demontrasi
peserta didik dapat :
1.
Mengetahui
aktivitas ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam.
2.
Mencari kata-kata
di dalam teks.
3.
Mempraktikkan gerak
kopstan secara mandiri.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Mata pencaharian penduduk
2.
Mencari kata dalam teks/wacana
3.
Mempraktikkan headstand
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode : diskusi, observasi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
2. Alat Pembelajaran
a.
Komputer
b.
Gambar – gambar bagun ruang
c.
Kertas karton
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4C Peduli Terhadap Makhluk
Hidup untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu
mengamati mata pencaharian penduduk di desa dan kota, mencari kata di dalam
teks, dan mempraktikkan headstand.
b.
Mengajak siswa berdo’a bersama (
untuk mengawali kegiatan pembelajaran )
c.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran
d.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
mata pencaharian penduduk.
Contoh:
3)
Sebutkan mata pencaharian
penduduk yang kalian ketahui.
4)
Apakah sumber daya alam yang
dapat dimanfaatkan di desa?
e.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu mengamati
mata pencaharian penduduk di desa dan kota, mencari kata di dalam teks, dan
mempraktikkan headstand.
2. Inti
a.
Membimbing siswa secara berkelompok
untuk:
Mengamati
1) Menyimak
teks tentang mata pencaharian penduduk di desa dan kota, lalu menjawab
pertanyaan berdasarkan teks tersebut.
2) Mengamati
cara melakukan headstand.
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan tentang mata pencaharian penduduk di desa dan
kota.
2) Mengajukan pertanyaan tentang kata-kata lain yang ada di teks.
3) Mengajukan
pertanyaan tentang cara melakukan headstand.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
informasi tentang mata pencaharian penduduk di desa dan kota.
2)
Mengumpulkan
informasi tentang caramelakukan
headstand.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan mata
pencaharian penduduk di desa dan kota.
2)
Menyimpulkan
caramelakukan
headstand.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan
mata pencaharian penduduk di desa dan kota.
2)
Mempraktekkan headstand.
b.
Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan materi pada hari tersebut, yaitu mengamati mata
pencaharian penduduk di desa dan kota, mencari kata di dalam teks, dan
mempraktikkan headstand.
3. Penutup
- Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
- Peserta
didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini:
~
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini?
~
Kegiatan apa yang paling kalian senangi?
~
Adakah materi yang sulit dipahami?
-
Peserta didik mendapat tugas untuk dikerjakan di rumahsebagaitindaklanjut
-
Peserta didik dengan bimbingan guru dapat menyim-pulkan tentang materi
pembelajaran
-
Guru
menutup kegiatan
Pertemuan 6 (Hari 6):
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode tanya jawab, diskusi dan demontrasi
peserta didik dapat :
1.
Melaksanakan sikap
kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
2.
Mengamati bentuk
bangun ruang di sekitarmu dan menguraikannya menjadi jaring-jaring.
3. Melakukan pertolongan pertama pada luka lecet.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Kerja sama di lingkungan rumah
2.
Mengatasi luka lecet
3.
Mengurai jarring-jaring
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
tematik
Metode : diskusi, observasi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
a.
Lingkungan sekitar
2. Alat Pembelajaran
b.
Komputer
3. Sumber Pembelajaran
Buku
Facil: Tematik 4C Peduli Terhadap Makhluk
Hidup untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait dengan materi pada hari tersebut, yaitu
melaksanakan sikap kerja sama di lingkungan rumah, cara mengatasi luka lecet,
dan mengurai jaring-jaring dari bangun ruang yang ada di sekitar.
b.
Mengajak siswa berdo;a bersama (
untu memulai kegiatan pembelajaran )
c.
Melakukan komunkasi komunikasi
tentang kehadiran
d.
Apersepsi: bertanya jawab tentang
mata kerja sama.
Contoh:
1)
Sebutkan pengertian kerja sama.
2)
Sebutkan contoh kerja sama yang
kalian lakukan di rumah.
e.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini, yaitu melaksanakan
sikap kerja sama di lingkungan rumah, cara mengatasi luka lecet, dan mengurai
jaring-jaring dari bangun ruang yang ada di sekitar.
2. Inti
a. Membimbing
siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
1) Menyimak
contoh kerja sama.
2) Mengamati
caramengatasi lecet.
3) Mengamati
benda-benda di lingkungan sekitar yang berbentuk bangun ruang dan dapat
diuraikan menjadi jaring-jaring.
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan tentang contoh kerja sama di rumah.
2) Mengajukan pertanyaan tentang cara mengatasi lecet.
3) Mengajukan
pertanyaan tentang benda-benda di lingkungan sekitar yang berbentuk bangun
ruang dan dapat diuraikan menjadi jaring-jaring.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
informasi tentang contoh kerja sama.
2)
Mengumpulkan
informasi tentang caramengatasi
lecet.
3)
Mengumpulkan data/informasi
tentang benda-benda di lingkungan sekitar yang berbentuk bangun ruang dan dapat
diuraikan menjadi jaring-jaring.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
contoh kerja sama di rumah.
2)
Menyimpulkan
caramengatasi
lecet.
3)
Menyimpulkan
informasi tentang
benda-benda di lingkungan sekitar yang berbentuk bangun ruang dan dapat
diuraikan menjadi jaring-jaring.
Mengkomunikasikan
1)
Menjelaskan
contoh kerja sama di rumah.
2)
Menjelaskan
cara mengatasi lecet.
3)
Menunjukkan
barang yang berbentuk bangun ruang dan dapat dijadikan jarring-jaring.
b.
Mendiskusikan
tugas yang telah dikerjakan dan menyimpulkan materi pada hari tersebut, yaitu melaksanakan sikap
kerja sama di lingkungan rumah, cara mengatasi luka lecet, dan mengurai
jaring-jaring dari bangun ruang yang ada di sekitar.
3. Penutup
- Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
- Peserta
didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini:
~
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini?
~
Kegiatan apa yang paling kalian senangi?
~
Adakah materi yang sulit dipahami?
-
Peserta didik mendapat tugas untuk dikerjakan di rumahsebagaitindaklanjut
-
Peserta didik dengan bimbingan guru dapat menyim-pulkan tentang materi
pembelajaran
-
Guru
menutup kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar