Sabtu, 08 November 2014

RPP TEMATIK INTEREGATIF 4A SUB TEMA KEBERSAMAAN DI LINGKUNGAN SEKITAR KE 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK INTEGRATIF

Satuan Pendidikan   : MI Pasirlingga                
Tema                        :  4AIndahnya Kebersamaan
Subtema                   :  Kebersamaan di Lingkungan Sekitar
Kelas/Semester        : IV/1
Alokasi Waktu         :  36x 35 menit (6 kali pertemuan)

KOMPETENSI INTI:
KI -1      :    Menerima, menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2       :    Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab,santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, guru, dan tetangganya
KI-3       : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4       :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
Mempelajari  identitas suku bangsa yang ada di Indonesia

Bahasa Indonesia
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Menguraikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri
Matematika
3.16Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
Menghitung pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan

IPA
3.3 Memahami hubungan antara gaya,  gerak, dan energi melalui pengamatan, serta   mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan hubungan antara gaya, gerak, dan energi berdasarkan pengamatan
IPS
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
Menjelaskan  manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
Seni Budaya dan Prakarya
4.4  Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Mempraktikkan cara menyanyikan lagu dengan gerakan tangan dan badan yang sesuai







Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
1.2       Memahamivariasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil.

Mendeskripsikan  variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil.



PERTEMUAN I (HARI I ):
A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Menceritakan secara sederhana petualangan lingkungan dan sumber daya alam dengan tahapan yang benar dalam teks lisan atau tulisan
2.    Memahami makna simbol-simbol pancasila
3.    Menggerakan tangan dan badan sesuai tinggi rendah nada
B.   Materi Pembelajaran
1.    Cerita sederhana
2.    Makna simbol-simbol pancasila
3.    Menggerakan badan dan tangan sesuai nada
C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi
D.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                                  :
Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
koran, majalah kebudayaan
2.    Alat                                     :
3.    Sumber Pembelajaran          : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.   Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
1)        Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema kemudian mendiskusikan cara menjaga lingkungan yang baik
2)        Apersepsi: bertanya jawab tentang cara menjaga lingkungan dengan baik
1.   Apakah kamu sering membantu orangtua membersihkan rumah?
2.   Pekerjaan apa yang kamu lakukan jika ada kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan?
3)        Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang keragaman suku bangsa dan menyanyikan lagu “Sorak Sorak Bergembira”
2.    Inti
a.         Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)    Membaca teks cerita yang berjudul “Indahnya Kebersamaan” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari membaca.
2)   Mengidentifikasi makna simbol-simbol Pancasila di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari memahami.
3)   Membaca teks lagu “Sorak Sorak Gembira” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari menyanyi.
Menanya
1)        Mampu mengajukan pertanyaan setelah membaca teks “Indahnya Kebersamaan” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2)        Mampu mengatakan tentang makna simbol-simbol Pancasila di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)        Mampu menyatakan makna lagu “Sorak Sorak Bergembira” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
Pengumpulan Data
1)    Mencatat makna simbol Pancasila yang terdapat pada teks “Indahnya  Kebersamaan”  di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari membaca.
2)    Mengaitkan makna simbol Pancasila yang ada pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.
3)    Membuat sebuah kelompok bersama teman sekelas untuk menyanyikan lagu “Sorak Sorak Bergembira” secara bersama-sama.
Mengasosiasi
1)        Menganalisis makna simbol Pancasila yang terdapat pada teks “Indahnya Kebersamaan” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari membaca.
2)        Mengkorelasikan makna simbol Pancasila pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)        Melatih kemampuan bernyanyi lagu “Sorak Sorak Bergembira” dengan kelompok secara bersama-sama. 
Mengkomunikasikan
1)        Mengkomunikasikan makna simbol Pancasila yang terdapat pada teks “Indahnya Kebersamaan” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2)        Mengkomunikasikanmakna simbol Pancasila pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)        Mengkomunikasikan makna lagu “Sorak Sorak Bergembira” dengan teman sekelompok.
b.         Mendiskusikan dan menyimpulkan keterkaitan cerita sederhana, makna simbol-simbol Pancasila, dan menggerakan badan dan tangan sesuai nada.
3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada buku.

PERTEMUAN II (HARI II):
A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Menjelaskan pengertian gaya gesek.
2.    Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya gesek.
3.    Menulis model/kalimat matematika dan masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan atau faktor bilangan.
4.    Membuat kata atau kelompok kata mengenai fakta dan pendapat.
B.   Materi Pembelajaran
1.    Gaya gesek
2.    Peristiwa yang menimbulkan gaya gesek
3.    Kelipatan persekutuan dan faktor bilangan
4.    Kata atau kelompok kata
C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi
D.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                      : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat                         : Balok kayu, papan luncur, pasir, karton, kain, ampelas, 3 buah bata
3.Sumber Pembelajaran            :
Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.   Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
1)  Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
2)    Apersepsi: bertanya jawab mengenai kegiatan olahraga yang paling disenangi
·      Jenis olahraga apa yang kamu senangi?
·      Berapa kali dalam seminggu kamu berolahraga?
2)        Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini 
2.  Inti
a.         Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
2)      Membaca pengertian gaya gesek pada buku Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari mengenal.
3)      Mengamati cara kerja rem cakram pada kendaraan bermotor di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari mengamati.
4)      Membaca teks “Belajar Kelompok” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari membaca.
5)      Mempelajari cara menentukan kelipatan persekutuan dan faktor bilangan suatu bilangan pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari mengenal.
Menanya
1)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai gaya gesek di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai cara kerja rem cakram pada kendaraan bermotor di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan..
3)    Mampu mengajukan pertanyaan isi teks “Belajar Kelompok”.
4)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai cara menentukan kelipatan persekutuan dan faktor bilangan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
Pengumpulan Data
1)    Merangkum mengenai gaya gesek yang diterangkan pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2)    Mengidentifikasi cara kerja rem cakram kendaraan rmotor pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)    Merangkum isi teks “Belajar Kelompok” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
4)    Merinci cara menentukan kelipatan persekutuan dan faktor bilangan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
Mengasosiasi
1)    Menyimpulkan pengertian gaya gesek di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2)    Menyimpulkan cara kerja rem cakram kendaraan motor di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)    Menyimpulkan isi teks “Bekerja Kelompok” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
4)    Menyimpulkan cara menentukan kelipatan persekutuan dan faktor bilangan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
Mengkomunikasikan
1)    Mengkomunikasi hasil pengamatan dan percobaan sederhana menggenai gaya gesek.
2)    Mengkomunikasikan hasil pengamatan cara kerja rem cakram pada kendaraan motor.
3)    Mengkomunikasikan isi teks “Bekerja Kelompok”dengan berani.
4)    Mengkomunikasikan cara menentukan kelipatan perseketuan dan faktor bilangan.
b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya gesek, peristiwa yang menimbulkan gaya gesek, kelipatan persekutuan dan faktor bilangan, dan kata atau kelompok kata.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada buku..

PERTEMUAN III (HARI III):
A.   Tujuan Pembelajaran
1.    Memberikan contoh hak dan kewajiban warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab.
2.    Menyelesaikan hal yang berkaitan dengan konsep kelipatan dan faktor bilangan.
3.    Memahami pengertian manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi, dan budaya
B.       Materi Pembelajaran
1.    Contoh hak dan kewajiban warga negara
2.    Konsep kelipatan dan faktor bilangan
3.    Kelipatan persekutuan dan faktor bilangan
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                                  : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat                                     :
3.Sumber Pembelajaran            : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
1)     Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
2)    Apersepsi: bertanya jawab mengenai hak dan kewajiban seorang warga negara
·      Apakah yang dimaksud dengan hak?
·      Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?
3)    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini 
2.  Inti
a)         Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)        Membaca pengertian hak dan kewajiban warga negara di Indonesia di buku Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari mengenal.
2)        Mempelajaricara menentukan konsep kelipatan dan faktor bilangan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari cari tahu.
3)        Membaca teks “Lapisan Masyarakat” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari cari tahu.
Menanya
1)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai pengertian hak dan kewajiban warga negara Indonesia.
2)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai caramenentukan konsep kelipatan dan faktor bilangan.
3)    Mampu mengajukan pertanyaan dari isi teks “Lapisan Masyarakat”.
Pengumpulan Data
1)    Merangkum mengenai pengertian hak dan kewajiban warga negara di Indonesia.
2)    Merumuskan cara menentukan konsep kelipatan dan faktor suatu bilangan.
3)    Merangkum isi teks “Lapisan Masyarakat”.
Mengasosiasi
1)    Menyimpulkan mengenai pengertian hak dan kewajiban warga negara Indonesia.
2)    Menyimpulkan cara menentukan konsep kelipatan dan faktor suatu bilangan.
3)    Menyimpulkan isi teks “Lapisan Masyarakat”.
Mengkomunikasikan
1)    Mengkomunikasi hasil membaca pengertian hak dan kewajiban warga negara di Indonesia. 
2)    Mengkomunikasikancara menentukan konsep kelipatam dan faktor suatu bilangan.
3)    Mengkomunikasikan isi teks “Lapisan Masyarakat”.
b)        Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya gesek, peristiwa yang menimbulkan gaya gesek, kelipatan persekutuan dan faktor bilangan, dan kata atau kelompok kata.
3.  Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada buku.


PERTEMUAN IV (HARI IV):
A.   Tujuan Pembelajaran
1.    Menggunakan kohesi dan kalimat sederhana (5-7 kalimat) dalam bercerita.
2.    Mengurutkan bilangan bulat dari garis bilangan.
3.    Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor dan manipulatif dalam permainan kasti.
B.       Materi Pembelajaran
1.    Kohesi dan kalimat sederhana
2.    Bilangan bulat
3.    Permainan kasti
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                      : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat                                     :  Penggaris, bola kasti, tongkat kasti
3.Sumber Pembelajaran            :  Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.   Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
1)     Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
2)    Apersepsi: bertanya jawab mengenai penggunaan kohesi pada sebuah kalimat
·      Apa yang dimaksud dengan kohesi?
·      Sebutkan salah satu contoh kohesi.
2)        Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini 
2.  Inti
a.         Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)    Membaca teks wacana “Indonesia: Banyak Sukunya, Satu Negaranya” pada buku Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari membaca.
2)    Mempelajari cara menentukan bilangan bulat pada garis bilangan pada buku Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari membilang.
3)    Mengamati cara melakukan permainan kasti seperti yang dicontohkan pada teks “Permainan Kasti” Tematik 4 A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari bermain.
Menanya
1)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai contoh  kohesi pada kalimat yang terdapat pada teks wacana “Indonesia: Banyak Sukunya, Satu Negaranya” pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari membaca.
2)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai caramenentukan bilangan bulat pada garis bilangan seperti contoh pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai cara melakukan permainan kasti pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari bermain.
Pengumpulan Data
1)    Merangkum mengenai contoh kohesi pada kalimat yang terdapat pada teks “Indonesia: Banyak Sukunya, Satu Negaranya”.
2)    Merumuskan cara menentukan bilangan bulat pada garis bilangan pada buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)    Mengumpulkan cara melakukan permainan kasti dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
1)    Menyimpulkan kohesi pada sebuah kalimat seperti yang dicontohkan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
2)    Menyimpulkan cara menentukan bilangan bulat pada garis bilangan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
3)    Menyimpulkan cara melakukan permainan kasti yang benar seperti yang dicontohkan di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan.
Mengkomunikasikan
1)    Mengkomunikasi hasil membaca mengenai kohesi pada sebuah kalimat.
2)    Mengkomunikasikan cara menentukan bilangan bulat pada sebuah garis bilangan.
3)    Mengkomunikasikan cara melakukan permainan kasti yang benar.
b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan kohesi pada kalimat sederhana, bilangan bulat, dan permainan kasti.

3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada buku.

PERTEMUAN V (HARI V ):
A. Tujuan Pembelajaran
2.    Membuat gambar pemandangan alam
3.    Menyebutkan unsur-unsur identitas suku bangsa
4.    Mengemukakan contoh unsur-unsur identitas suku bangsa.
B.   Materi Pembelajaran
1.    Gambar pemandangan alam
2.    Unsur-unsur identitas suku bangsa
3.    Contoh unsur-unsur identitas suku bangsa
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi
D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media                                  : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
koran, majalah kebudayaan
4.    Alat                                     : buku gambar, pensil warna, krayon
5.    Sumber Pembelajaran          : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.  Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
1)    Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk selalu semangat ketika belajar.
2)        Apersepsi: bertanya jawab tentang kegiatan menggambar
·      Apakah kamu senang menggambar?
·      Gambar apa yang sering kamu buat?
3)        Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang menggambar pemandangan dikaitan dengan unsur-unsur yang terdapat pada setiap suku bangsa.
2.  Inti
a.         Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)   Membaca teks cerita yang berjudul “Gambar Pemandangan” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari menggambar.
2)   Mengidentifikasi unsur-unsur identitas suku bangsadi buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari cari tahu.
3)   Memabaca contoh unsur-unsur identitas suku bangsa pada teks “Mengemukakan Contoh Unsur-Unsur Identitas Suku Bangsa”di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari cari tahu.
Menanya
1)    Mampu mengajukan pertanyaan setelah membaca “Gambar Pemandangan”.
2)    Mampu menyatakan unsur-unsur identitas suku bangsa.
3)    Mampu menyatakan contoh unsur-unsur identitas suku bangsa.
Pengumpulan Data
1)   Mencatat cara membuat gambar pemandangan.
2)    Merangkum unsur-unsur identitas suku bangsa.
3)    Merangkum contoh unsur-unsur identitas suku bangsa.
Mengasosiasi
1)    Merinci cara membuat gambar pemandangan.
2)    Menyimpulkan unsur-unsur identitas suku bangsa.
3)    Menyimpulkan contoh unsur-unsur identitas suku bangsa.
Mengkomunikasikan
1)    Mengkomunikasikan cara membuat gambar pemandangan.
2)    Mengkomunikasikan unsur-unsur identitas suku bangsa.
3)    Mengkomunikasikan contoh unsur-unsur suku bangsa.
b.         Mendiskusikan dan menyimpulkan keterkaitan gambar pemandangan alam, unsur-unsur identitas suku bangsa, dan contoh unsur-unsur identitas suku bangsa.
3.  Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada buku.

PERTEMUAN VI (HARI VI ):
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya gesekan
2.    Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor dan manipulatif dalam permaina kasti
3.    Membuat gambar pemandangan alam
B.  Materi Pembelajaran
1.    Peristiwa yang menimbulkan gaya gesek
2.    Variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor dan manipulatif permainan kasti
3.    Gambar pemandangan alam
C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi
D.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                                  : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat                                     : buku gambar, pensil warna, krayon, tongkat kasti, bola kasti
3.    Sumber Pembelajaran          : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.   Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
1)        Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk selalu semangat ketika belajar.
2)        Apersepsi: bertanya jawab tentang gaya gesek
·      Apakah kamu benda yang menimbulkan gaya gesek?
3)    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang menggambar pemandangan dikaitan dengan unsur-unsur yang terdapat pada setiap suku bangsa.
2.    Inti
a.         Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Membaca teks cerita yang berjudul “Contoh Gaya Gesek” di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari menggamati.
2)   Mengidentifikasi unsur-unsur permainan kastidi buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari berolahraga.
3)   Memabaca unsur-unsur cara membuat gambar pemandangan pada teks “Membuat Gambar Pemandangan ”di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari menggambar.
Menanya
1)    Mampu mengajukan pertanyaan mengenai contoh gaya gesek.
2)    Mampu menyatakan gerakan dasar ketika bermain permainan bola kasti.
3)    Mampu menyatakan cara membuat gambar pemandangan.
Pengumpulan Data
1)   Mencatat contoh-contoh benda yang menimbulkan gaya gesek.
2)    Menuliskan teknik-teknik dasar permainan bola kasti.
3)    Mencatatcara-cara membuat gambar pemandangan yang benar.
Mengasosiasi
1)    Menyimpulkancontoh-contoh benda yang menimbulkan gaya gesek.
2)    Menyimpulkan teknik-teknik dasar permainan bola kasti
3)    Merinci cara membuat gambar pemandangan yang benar
Mengkomunikasikan
1)    Mengkomunikasikan contoh-contoh benda yang menimbulkan gaya gesek.
2)    Mengkomunikasikan teknik-teknik dasar permainan bola kasti.
3)    Mengkomunikasikan cara membuat gambar pemandangan yang benar .
b.         Mendiskusikan dan menyimpulkan keterkaitan contoh gaya gesek, permainan bola kasti, dan cara membuat gambar pemandangan.
3.    Penutup

Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini, lalu menugaskan siswa untuk mengerjakan ayo berlatih yang telah disediakan pada buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar