Minggu, 09 November 2014

AHLUSSUNNAH WALJAMAAH

AHLUSSUNNAH WALJAMAAH
Ahlussunnah waljamaah adalah salah satu aliran teologi ( aqidah ) dalam Islam. Paham ini muncul karna banyak paham – paham yang menyimpang dari ajaran Rasululloh saw setelah beliou wafat. Namun dari paham yang menyimpang itu mayoritas umat islam ketika itu masih banyak yang berpegang teguh kepada apa-aapa yang dikerjakan dan diyakini oleh Rosululloh saw. Golongan tersebut menamakan aqidahnya ahlussunnah waljamaah sekitar 70% umat islam di dunia mengikuti paham ini. Begitu juga umat islam Indonesia yang mayoritas bermadzahab syafi’i dalam fikih. Juga merupakan penganut ahlussunnah waljamaah dalam aqidah.
SUMBER HUKUM
Ada empat sumber hukum bagi kalangan ahlussunnah waljamaah  yaitu : Al-qur’an, Hadits Nabi, Ijma, dan Qiyas . Hal ini berbeda dengan kalangan Syiah yang tidak menggunakan Ijma . selain al-qur’an para ahlussunnah waljamaah juga berpegang teguh pada kitab hadits yang memuat sunah Nabi.
Tokoh ahlUSsunNah waljamaah
Tokoh yang berjasa dalam membangun  paham ahlussunnah waljamaah adalah Abu Hasan  Al-Asyari  dan Abu Mansur Muhamad Al-Maturidi. Keduanya berusaha menampung aspirasai umat islam yang berpegang teguh pada sunah Nabi saw  dan tradisi sahabat. Paham ini yang di kembangakan oleh Asyari.Paham ini di anut oleh para pengikut Imam Malik, Imam Syafii dan Imam Hambali dan paham yang di kembangka oleh Al-l Maturidi  di masa berikutnya adalah Imam Ghozali yang paling berjasa dalam mengembangkan paham ini ke seluruh dunia.


SUMBER : Ali Rifan dan Aji Payuni dkk, 2009. Kamus fikih untuk pelajar ji;lid 1. Cv Gunung Djati. Kosambi Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar