Sabtu, 08 November 2014

RPP TEMATIK 4A SUB TEMA SENNGNYA BELIBUR BERSAMA KE 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK INTEGRATIF

Satuan Pendidikan   : MI Pasirlingga     
Tema                        :  4AIndahnya KebersamaanSenangnya
Subtema                   :  Senangnya Berlibur Bersama
Kelas/Semester        : IV/1
Alokasi Waktu         :  36x 35 menit (6 kali pertemuan)

KOMPETENSI INTI:
KI -1      :    Menerima, menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2       :    Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab,santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, guru, dan tetangganya
KI-3       : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4       :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
1.3      Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar

Mempraktekkan  perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar

Bahasa Indonesia
4.4     Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

1. Membuat  teks cerita petualangantentang lingkungan
2. Membuat teks cerita tentang sumber daya alam

Matematika
1.16     Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.17   Memahami konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
4.10     Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

Mendeskripsikan pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan


Menjelaskan  konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan

Menunjukkan dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
IPA
3.3    Memahami hubungan antara gaya,  gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan hubungan  antara gaya,  gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
IPS
3.1     Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan

 Mendeskripsikan manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
Seni Budaya dan Prakarya
4.1       Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam

Membuat gambar alam  berdasarkan pengamatan keindahan alam







Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
4.5    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan.
4.6      Mempraktikkan  pola gerak dasar berirama  bertema budaya daerah yang sudah dikenal dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik

Mendeskripsikan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan.




Menjelaskan pola  gerak dasar berirama  bertema budaya daerah yang sudah dikenal dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik


PERTEMUAN I (HARI I ):
A.   Tujuan Pembelajaran
1.   Menceritakan secara sederhana petualangan lingkungan dengan tahapan yang benar.
2.   Menunjukkan nama suku bangsa dengan menempatkan simbol identitas budaya pada peta
3.   Membuat gambar dengan motif binatang
B.    Materi Pembelajaran
1.    Cerita sederhana
2.    Simbol identitas budaya pada peta
3.    Gambar motif binatang
C.   Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi, observasi lapangan         
D.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media                                  : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.         Alat                                          :  Peta Indonesia, pensil, buku gambar, pensil warna, krayon
3.  Sumber Pembelajaran         : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.    Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
1)   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi untuk belajar dengan semangat
2)   Apersepsi: bertanya jawab tentang kegiatan berlibur bersama keluarga
·      Kegiatan apa yang kamu lakukan ketika sedang berlibur?
3)   Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang petualangan dengan cerita sederhana, identitas suku bangsa berdasarkan simbol pada peta, dan gambar motif binatang
2.  Inti
a)  Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Membacakegiatan berlibur Dinda bersama teman-teman di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari bercerita.
2)      Mengamati simbol binatang pada peta  di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari mengamati.
3)      Mengamati pola gambar binatang harimau di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari menggambar.
Menanya
1)      Mampu mengajukan pertanyaan dari membaca kegiatan Dinda ketika berlibur
2)      Mampu mengatakanasal binatang berdasarkan peta
3)      Mampu mengajukan pertanyaan mengenai pola gambar binatang harimau

Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan informasi mengenai kegiatan berlibur Dinda bersama teman-teman.
2)      Mengumpulkan data mengenai binatang yang terdapat pada peta
3)      Mengumpulkan cara menggambar binatang harimau berdasarkan pola
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan kegiatan Dinda ketika berlibur.
2)      Menyimpulkan nama-nama binatang berdasarkan peta
3)      Menyimpulkan cara menggambar binatang harimau berdasarkan peta
Mengkomunikasikan
1)      Menceritakan kegiatan Dinda berlibur bersama teman di depan kelas
2)      Menyebutkan nama-nama binatang berdasarkan daerah yang ada pada peta
3)      Mengkomunikasikan cara menggambar binatang harimau
a.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan cerita sederhana, identitas suku bangsa berdasarkan peta, dan gambar motif binatang.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini. 
PERTEMUAN II (HARI II ):
A.   Tujuan Pembelajaran
1.   Memperagakan teknik senam dasar
2.   Menyebutkan komponen yang dikembangkan dalam gerak berirama
3.   Menggunakan konjungsi waktu (urutan/simultan)
4.   Menjelaskan konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal kongkrit 
B.    Materi Pembelajaran
1.    Teknik senam dasar
2.    Gerak berirama
3.    Konjungsi waktu
4.    Bilangan negatif
C.   Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi, observasi lapangan         
D.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media                                  : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.         Alat                                          :  Radio, matras, baju olahraga, sepatu olahraga, lemari es
3.  Sumber Pembelajaran         : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.    Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
1)   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2)   Apersepsi: bertanya jawab tentang gerak berirama
·      Apakah kamu tahu apa itu gerak berirama?
3)   Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang gerak berirama, teknik dasar senam, konjungsi waktu, bilangan negatif
2.  Inti
a)  Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Membacagerak berirama yang dilakukan oleh Dinda dan Adi
2)      Mengamati cara melakukan gerakan kayang
3)      Membaca kegiatan Dinda melakukan gerakan senam berirama bersama keluarga.
4)      Menyebutkan bilangan negatif yang terdapat pada contoh
Menanya
1)      Mampu mengajukan pertanyaan mengenai gerak berirama yang dilakukan Dinda dan Adi
2)       Mampu mengemukakan cara melakukan gerakan kayang
3)       Mampu menyebutkan gerakan senam berirama yang dilakukan bersama keluarga
4)       Mampu menyebutkan bilangan negatif
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan informasi mengenai gerak berirama
2)      Mengumpulkan cara melakukan gerakan kayang
3)      Mengumpulkan cara melakukan gerakan senam berirama
4)      Menjelaskan bilangan negatif
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan gerak berirama
2)      Menyimpulkan cara melakukan gerakan kayang
3)      Menyimpulkan cara melakukan gerakan senam berirama
4)      Menyimpulkan cara menentukan bilangan negatif
Mengkomunikasikan
1)      Menceritakan gerakan berirama
2)      Menyebutkan gerakan kayang yang benar
3)      Mengkomunikasikan cara gerakan senam berirama
4)      Mengkomunikasikan cara menentukan bilangan negatif
b)  Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan cerita sederhana, identitas suku bangsa berdasarkan peta, dan gambar motif binatang.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

PERTEMUAN III (HARI III ):
A.   Tujuan Pembelajaran
1.   Menentukan pola penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal kongkrit
2.   Memahami proses interaksi sosial antar daerah
3.   Membuat karya kreatif kemudian menunjukkannya dengan bangga di depan teman
B.    Materi Pembelajaran
1.    Penjumlahan bilangan bulat
2.    Interaksi sosial
3.    Membuat karya kreatif
C.   Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi, observasi lapangan         
D.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media          : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.         Alat                  :  Mangkuk kertas, piring kertas, plesitin hijau dan biru, cat air, kuas, sedotan, kawat, pembolong kertas, stapler, gunting
3.  Sumber Pembelajaran         : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.      Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
1)   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2)   Apersepsi: bertanya jawab tentang penjumlahan bulat
·      Apakah kamu tahu apa itu penjumlahan bulat?
3)   Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni tentang penjumlahan bulat, interaksi sosial, dan membuat karya kreatif
2.  Inti
a)  Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Menyebutkan cara menentukan pola bilangan bulat dengan benda yang ada di sekitar kita
2)      Membaca keberagaman hidup rukun di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari berdiskusi
3)      Mencatat cara membuat diaroma seperti di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari berkarya.
Menanya
1)             Mampu mengajukan pertanyaan mengenai pola bilangan bulat
2)             Mampu mengemukakan contoh hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari
3)             Mampu menyebutkan bahan-bahan untuk membuat diaroma
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan informasi pola bilangan bulat
2)      Mengumpulkan contoh hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari
3)      Mengumpulkan bahan untuk membuat diaroma
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan pola bilangan bulat
2)      Menyimpulkan aspek-aspek yang menentukan hidup rukun di kehidupan sehari-hari
3)      Menyimpulkan cara membuat diaroma
Mengkomunikasikan
1)      Menrumuskan cara menentukan pola bilangan bulat
2)      Menyebutkan contoh hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari
3)      Menampilkan kerajinan diaroma yang sudah dibuat
b) Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan penjumlahan pola bilangan bulat, interaksi sosial, dan membuat kerajinan diamora
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini
PERTEMUAN IV (HARI IV ):
A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Menjelaskan pengertian dan contoh peristiwa yang berkaitan dengan gaya magnet
2.   Mempublikasikan teks cerita tertulis secara sederhana
3.   Mengembangkan dan membuat berbagai pola numerik dan geometri
B.    Materi Pembelajaran
1.    Gaya magnet
2.    Teks cerita tertulis
3.    Pola numerik dan geometri
C.   Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi, observasi lapangan         
D.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media          : Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.         Alat                  : Magnet, kayu kertas, plastik, kaca, kayu, klip kertas
3.  Sumber Pembelajaran         : Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E. Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
1) Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2)   Apersepsi: bertanya jawab tentang gaya magnet
·      Apakah benda yang dapat menimbulkan gaya magnet?
2)   Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni gaya magnet, teks cerita tertulis, dan pola numerik dan geometri
2.  Inti
a)  Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Mempelajari percobaan “gaya magnet” yang terdapat di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari berdiskusi
2)      Meninjau cara membuat pola pagar berdasarkan pola numerik dan geometri yang terdapat di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari membuat pola
Menanya
1)      Mampu mengajukan pertanyaan percobaan “gaya magnet”
2)      Mampu mengemukakan cara membuat pola pagar
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan informasi mengenai gaya magnet
2)      Mengumpulkan bahan untuk membuat pola numerik dan geometri
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan informasi mengenai percobaan “gaya magnet”
2)      Menyimpulkan bahan untuk membuat pola numerik dan geometri
Mengkomunikasikan
1)      Menyebutkan hasil percobaan mengenai “gaya magnet”
2)      Menjelaskan pola numerik dan geometri
b) Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya magnet dan pola numerik serta geometri
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

PERTEMUAN V (HARI V ):
A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Menjelaskan pengertian dan contoh peristiwa yang berkaitan dengan gaya pegas
2.   Memuji karya seni dan karya kreatif daerah lain
3.   Menceritakan kebaikan teman yang berbeda suku bangsa
B.    Materi Pembelajaran
1.    Gaya pegas
2.    Karya seni dan karya kreatif daerah lain
3.    Kebaikan teman berbeda suku
C.   Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi, observasi lapangan         
D.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media          : Power Point Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.         Alat                  : Komputer, kasur, shockbreaker, pulpen
3.  Sumber Pembelajaran         :Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.    Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
1) Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2)  Apersepsi: bertanya jawab tentang gaya pegas
·      Apa yang dimaksud dengan gaya pegas?
·      Apakah benda yang dapat menimbulkan gaya pegas?
3)  Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni gaya pegas, karya seni dan karya kreatif daerah lain, dan kebaikan teman dari berbagai suku.
2.  Inti
a)  Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Mempelajari percobaan sederhana “gaya pegas” yang terdapat di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari mengamati
2)      Meninjau karya seni dan karya kreatif dari daerah yang ada di Indonesia di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari mengenal
3)      Membaca perbedaan antar teman di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 3 mari bercerita
Menanya
1)      Mampu mengajukan pertanyaan mengenai “gaya pegas”
2)      Mampu mengemukakan contoh karya seni dan karya kreatif dari daerah yang ada di Indonesia
3)      Mampu mengemukakan contoh sikap perbedaan antar teman dan saling menghargai
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan informasi mengenai “gaya pegas”
2)      Mengumpulkan data karya seni dan karya kreatif dari berbagai daerah
3)      Mengumpulkan contoh sikap perbedaan antar teman dan saling menghargai
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan informasi mengenai “gaya pegas”
2)      Menyimpulkan contoh karya seni dan karya kreatif dari berbagai daerah
3)      Menyimpulkan contoh sikap perbedaan antar teman
Mengkomunikasikan
1)      Menyebutkan benda yang memiliki gaya pegas
2)      Menyebutkan contohkarya seni dan karya kreatif dari berbagai daerah
3)      Menyebutkan contoh sikap perbedaan antar teman
b) Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gaya pegas, karya seni dan karya kreatif, serta contoh sikap perbedaan antar teman
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.


PERTEMUAN VI (HARI VI ):
A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Membuat gambar dengan motif binatang
2.   Menyebutkan jenis gaya dari suatu peristiwa
3.   Mempublikasikan teks cerita tertulis secara sederhana
B.    Materi Pembelajaran
1.    Gambar dengan motif binatang
2.    Jenis gaya dari suatu peristiwa
3.    Mempublikasikan teks cerita tertulis
C.   Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : tematik
Metode                                    : discovery, diskusi, observasi lapangan         
D.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media          :Power Point Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.         Alat                  : Komputer, buku gambar, pensil warna, pensil, benda-benda yang menimbulkan gaya
3.  Sumber Pembelajaran         :Buku Facil: Tematik 4A Indahnya Kebersamaan untuk Kelas IV, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.    Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
1) Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat
2)  Apersepsi: bertanya jawab tentang gaya pegas
·      Apakah kamu pernah membuat gambar denga motif binatang?
3)  Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yakni gambar motif binatang, jenis gaya dari suatu peristiwa, dan teks tertulis
2.  Inti
a)  Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Mempelajari cara menggambar motif binatang  yang terdapat di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 1 mari menggambar
2)      Meninjau benda yang memiliki gaya di buku Tematik 4A Indahnya Kebersamaan kegiatan 2 mari berdiskusi
Menanya
1)      Mampu mengajukan pertanyaan mengenai cara membuat gambar motif binatang
2)      Mampu mengemukakan contoh benda yang memiliki gaya
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan informasi mengenai cara membuat gambar motif binatang
2)      Mengumpulkan contoh benda yang memiliki gaya
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan informasi mengenai cara membuat gambar motif binatang
2)      Menyimpulkan contoh benda yang memiliki gaya
Mengkomunikasikan
1)      Menyebutkan cara menggambar motif binatang
2)      Menyebutkan contoh benda yang memiliki gaya
b) Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan gambar motif binatang, jenis gaya dari suatu peristiwa, dan teks tertulis
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar