Minggu, 26 Oktober 2014

SKRIPSI EFEKTIFITAS METODE SIMULASI BAB V


BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan                  
            Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu setelah berdasarkan penyajian dan analisa data, maka penulis dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut :
1.      Dari hasil pengolahan data dapat di ketahuai bahwa metode simulasi merupakan metode yang efektif digunakan dalam pelajran fikih terutama pada materi sholat janazah di kelas IV  MI Pasirlingga. Keefektifan metode ini disebabkan oleh :
a.       Metode simulasi memberikan kemudahan pada siswa dalam mempelajari sholat janazah baik itu kejelasaan gerakan sholat, bacaan niat dan do,a dalam sholat janazah. Begitu juga dengan perhatian siswa dalam pelajarab fikih sangat fositip, mayoritas siswa memahami pelajaran dengan sangat baik, dan mayoritas siswa secara umum daya ingat meningkat.
2.      Dari hasil pengolahan data kemampuan psikomotor siswa yang menggunakan metode simulasi secara umum sangat baik terbukti setelah di laksanakan evaluasi secara individual 9 siswa ( 40%) mencapai nilai tertinggi.
3.      Kemampuan psikomotor siswa mayoritas siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran simulasi secara umum kuarang berhasil dengan bukti setelah di lakukanya evaluasi secara individual 2 siswa (9,0%) mencapai nilai tertinggi.
4.      Berdasarkan hasil evaluasi yang menggunakan pengamatan tes perbuatan yang penulis lakukan terdapat perbedaan yang tinggi terhadap kemampuan psikomotor mayoritas siswa dalam pelajaran fikih khusunya sholat janazah antara yang menngunakan metode simulasi dengan yang tidak menggunakan metode simulasi.
B. Saran - Saran
            Sebelum mengakhiri penulisan skripsi penulis ingin memberikan saran-saran sebagai berikut :
1.      Diharapkan pembelajaran bidang studi fikih pelajran ssholat janazah  di MI Pasirlingga yang menggunakan metode simulasi dapat memacu para pemerhati pendidikan agar berkompetisi untuk mengembangakan metode pembelajaran dalam bidang studi fikih.
2.      Penerapan metode simulasi oleh guru bidang studi fikih sudah cukup baik, akan tetapi alangkah baiknya agar lebih mengoptimalkan lagi penggunaan metode simulasi dalam pelajaran fikih sehingga pemahaman siswa terhadap materi fikih pun lebih mendalam.
            Syukur alhamdulilah penulis persembahkan kehakdirat Allah SWT dengan segala taufiknya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulissan skripsi ini.walaupun hanya dengan kemampuan terbatasnamun demikian penulis berharap skripsi ini dapat bermanfaat terutama bagi penulis sendiri umunya bagi pembaca.
            Dan kepada semua pihak yang telah membantu penulis, sekali lagi penulis haturkan banyak terima kasih. Semoga amal baik yang diberikan kepada penulis dapat di terima disisi ALLah SWT dan mendapat balasan yang setimpal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar