Kamis, 31 Juli 2014

RPP TEMATIK ITEGRATIF 4B TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Tematik Integratif

Satuan Pendidikan   : MI Pasirlingga                
Tema                        :  4B Selalu Berhemat Energi Energi
Subtema                   :  Energi dalam Kehidupan
Kelas/Semester        : IV/1
Alokasi Waktu         :  32x 35 menit (6 x pertemuan)

Kompetensi Inti
KI 1     : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 2     : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Ki 4     : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
4.2          Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
Menunjukkan contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar dengan rasa percaya diri
Bahasa Indonesia
2.1         Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
Menunjukkan perilaku hemat energi
3.1         Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Melakukan wawancara pada narasumber bidang energi

Matematika
3.5         Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
Menemukan bangun segibanyak yang membentuk pola pengubinan
4.2         Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu
Melakukan pola pengubinan segibanyak beraturan maupun tak beraturan

IPA
3.3         Memahami hubungan antara gaya,  gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
 1.   Mendeskripsikan macam-macam energi
 2.   Memahami hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi
3.4         Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
Membedakan berbagai bentuk energi dan pemanfaatannya
IPS
3.3         Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
Memahami kenampakan alam dan sumber daya alam
Seni Budaya dan Prakarya
2.1         Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
 1.      Menunjukkan rasa percaya diri dan kebebasan dalam berkarya
 2.      Membuat hasil karya sebuah roncean dari rancangan yang dibuatnya
2.2         Berani mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
Melakukan gerak ke dalam bentuk tari bertema “Hemat Energi” dengan mengacu pada gaya tari daerah
PJOK
3.11   Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama melakukan aktivitas fisik
Melakukan penanggulangan cedera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar