Minggu, 24 Januari 2016

ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PAKEM KELAS IV PELAJARAN AL QUR,AN HADITS

ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PAKEM
MATA PELAJARAN : QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER   : IV (EMPAT) / II (DUA)
Kompetensi inti :
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1.  Menghayati arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
1.2.  Menerima  Q.S. al-Insyirwp (094) sebagai firman Allah SWT.
1.3.  Menyadari keutamaan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.4.  Menyadari bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1. Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Terbiasa berperilaku positif sesuai dengan  Q.S. al-Insyirwp (094)
2.3. Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.4. Membiasakan perilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
Kompetensi Dasar
Indikator Hasil Belajar
TM
TT
Bentuk Media / LKPD
1
3.1     Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
·           Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat Al-Lahab secara acak
·           Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat Al-Lahab
·           Menterjemahkan surat Al-Lahab secara keseluruhan
·           Menceritakan kisah Abu Lahab dan istrinya
·           Menjelaskan isi kandungan surat Al-Lahab secara sederhana
·           Menunjukkan contoh perilaku yang sama dengan perilaku Abu Lahab dan istrinya
·           Menyebutkan akibat orang yang berperilaku seperti perilaku Abu Lahab dan istrinya




2
3.2     Mengenal Q.S. al-Insiiroh (094)
·         Melafalkan tiap ayat dari surat Insiiroh (094)
·         Membaca tiap ayat surat Insiiroh (094)
·         Membaca surat Insiiroh (094) secara keseluruhan
·         Menyebutkan pengertian surat Insiiroh (094)
·         Melafalkan surat Insiiroh (094) secara keseluruhan



3
3.3     Memahami hukum bacaan idgom bigunnah, idgom bilagunnah, dan iqlab
·         Menyebutkan pengertian idgom bigunnah.
·         Menyebutkan ketentuan bacaan idgom bigunnah.
·         Mengidentifikasi kalimat yang mengandung bacaan idgom bigunnah.
·         Menyebutkan pengertian idgom bilagunnah.
·         Menyebutkan ketentuan bacaan, idgom bilagunnah
·         Mengidentifikasi kalimat yang mengandung bacaan idgom bilagunnah
·         Menyebutkan pengertian iqlab
·         Menyebutkan ketentuan bacaan iqlab
·         Mengidentifikasi kalimat yang mengandung bacaan iqlab
·         Membedakan kalimat yang harus di baca idgom bigunnah, idgom bilagunnah, dan iqlab



4
3.4     Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas
من أحبّ ان يبسط له فى رزقه
·      Menyebutkan terjemahan hadits tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas
·      Meneruskan terjemahan hadits tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas secara acak
·      Menterjemahkan hadits tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas secara keseluruhan
·      Menyebutkan arti silaturrahmi
·      Menunjukkan contoh perilaku orang menhyambung silaturrahmi
·      Menjelaskan akibat orang yang memutus silaturrahmi
·      Menghafal hadis tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas



5
4.1     Menulis lafal  Q.S. al-Lahab (111) dengan benar

·      Menulis surat Lahab (111)  ayat per ayat dengan cara menyalin dari Al qur’an
·      Menulis surat Lahab (111) dengan tanpa menyalin
·      Menghafal arti surat Lahab (111)



6
4.2     Menghafalkan Q.S. al-Insyiroh (094) secara benar dan fasih

·      Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat Insyiroh (094) tanpa melihat Al-Qur’an
·      Menyebutkan nomor ayat ketika surat Insyiroh (094) dibaca secara acak
·      Menghafal surat Insyiroh (094)



7
4.3     Mendemonstrasikan hukum bacaan idgom bigunnah, idgom bilagunnah, dan iqlab

·     Menunjukkan bacaan kalimat yang harus di baca idgom bigunnah,
·     Mempraktekkan cara membaca kalimat yang harus dibaca idgom bigunnah
·     Menunjukkan bacaan kalimat yang harus di baca idgom bigunnah,
·     Mempraktekkan cara membaca kalimat yang harus dibaca idgom idgom bilagunnah
·     Menunjukkan bacaan kalimat yang harus di baca  iqlab
·     Mempraktekkan cara membaca kalimat yang harus dibaca iqlab
·     Membedakan cara membaca kalimat yan dibaca idgom bigunnah, idgom bilagunnah, dan iqlab



8
4.4     Menghafalkan hadis tentang silaturrahim  riwayat al-Bukhari Muslim dari Anas
له يبسط من أحبّ ان فى رزقه
·      Membaca secara berulang-ulang hadis tentang silaturrahim  riwayat al-Bukhari Muslim dari Anas
·      Hafal hadis tentang silaturrahim  riwayat al-Bukhari Muslim dari Anas






ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PAKEM
MATA PELAJARAN                : AQIDAH AKHLAK
KELAS / SEMESTER             : IV (EMPAT) / II (DUA)
Kompetensi inti :
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1          Meyakini sifat-sifat Allah SWT. melalui kalimat tayyibah (As-salwmu ‘alaikum).
1.2          Meyakini Allah SWT. memiliki asmaul husna as-Salwm, dan al- Latrf.
1.3          Meyakini adanya nabi dan rasul Allah SWT.
1.4          Menghayati nilai-nilai adab bertamu dan berteman.
1.5          Menyadari bahaya sifat munafik.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1          Terbiasa mengucapkan salam sesuai ketentuan syar’i.
2.2      Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam asmaul husna as-Salwm, dan al- Latrf.
2.3          Meneladani sifat terpuji nabi dan rasul Allah SWT.
2.4          Terbiasa beradab dalam bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
2.5          Menghindari sifat munafik
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

No
Kompetensi Dasar
Indikator Hasil Belajar
TM
TT
Bentuk Media / LKPD
1
3.1   Mengetahui kalimat tayyibah (As-salwmu ‘alaikum).
         
o   Menyebutkan pengertian kalimat thayyibah As-salwmu ‘alaikum
o   Menunjukkan dalil tentang membaca kalimat As-salwmu ‘alaikum
o   Menemukan pengertian Assalaamu’alaikum
·         Menjelaskan manfaat mengucapkan As-salwmu ‘alaikum
·         Menunjukkan contoh menggunakan lafadz kalimat thayyibah Assalaamu’alaikum



2
3.2   Mengenal sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asmu’ al-husna (as-Salam, dan al- Latif).

§   Mendefinisikan Al-Asma Al-Husna husna (as-Salam, dan al- Latif).
§   Menunjukkan hikmah membaca Al-Asma Al-Husna (husna (as-Salam, dan al- Latif).
·        Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat As- salam
·        Menjelaskan cara meneladani sifat As-salam.
·        Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat al-latif.
·        Menjelaskan cara meneladani sifat al-latif.



3
3.3   Menjelaskan nama-nama nabi, Rasul Allah SWT. dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul.

·      Menunjukkan penger-tian Nabi dan Rasul Allah
·      Menyebutkan jumlah Nabi dan Rasul Allah yang wajib diketahui
·      Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul
·      Menunjukkan persamaan dan perbedaan antara Nabi dan Rasul
·      Menunjukkan ciri-ciri atau kriteria Nabi dan Rasul Allah
·      Menyebutkan bebe-rapa mukjizat yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul Allah
·      Menyebutkan pengertian  rasul ulul azmi
·      Menyebutkan 5 rasul ulul azmi
·      Menjelaskan keteguhan iman 5 rosul ulul azmi
·      Menceritakan kisah 5 rosul ulul azmi
·      Menyebutkan pengertian sifat siddiq, amanah, tabligh dan fathanah
·      Menyebutkan ciri-ciri siddiq, amanah, tabligh dan fathanah
·      Menyebutkan hikmah membiasakan  berpe-rilaku iddiq, amanah, tabligh dan fathanah



4
3.4   Menjelaskan adab bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.

·      Menyebutkan tata cara bertamu dalam ajaran Islam
·      Menyebutkan hal-hal yang harus dihindari ketika bertamu
·      Mengartikan adab islami kepada teman dalam kehidupan sehari-hari
·      Menyebutkan ciri-ciri orang yang ber-adap secara islami terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari
·      Menyebutkan contoh ciri-ciri orang yang beradap secara islami terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari
·       



5
3.5.   Menjelaskan sifat munafik, dampak negatif dan cara menghindarinya.
·         Menyebutkan pengertian munafiq
·         Menyebutkan ciri-ciri orang munafiq
·         Menunjukkan contoh prilaku munafiq
·         Menyebutkan dalil tentang ciri-ciri orang munafiq
·         Menyebutkan dampak negatif dari sifat munafiq
·         Menyebutkan hikmah menghindari perilaku munafiq



6
4.1    Mendemonstrasikan cara mengucapkan salam sesuai ketentuan syar’i.

·      Mensimulaikan cara mengucapkan salam ketika bertemu dengan sesama muslim
·      Malafalkan bacan salam denga baik dan benar
·      Mempraktekkan cara menjawab salam ssuai dengan uacapan salam yang diberikan sesuai dengan tata cara yang diharuskan



7
4.2  Melafalkan kalimah al- al-Asmu’ al-husna (as-Salam, dan al- Latif)
.
·      Melafalkan Al-Asma Al-Husna As-salam  dengan baik
·      Melafalkan Al-Asma Al-Husna al-Latif dengan baik



8
4.3   Menyajikan peta konsep nama-nama nabi, rasul Allah SWT. dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul.

·      Menunjukkan contoh sikap seperti yang ada pada Rasul ulul azmi
·      Menunjukkan contoh sikap siddiq, amanah, tabligh, fathanah yang ada pada para nabi dan rosul
·      Menunjukan contoh sikap siddiq, amanah, tabligh, fathanah dalam kehidupan sehari-hari




9
4.4  Menyimulasikan adab bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.

·      Menunjukkan akibat tidak beradap secara islami terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari
·      Membiasakan beradap secara islami terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari
·      Menunjukkan akibat tidak beradab secara islami terhadap teman
·      Membiasakan beradab secara islami terhadap teman



10
4.5   Menceritakan dampak negatif sifat munafik
·      Mengemukakan akibat yang ditimbulkan dari orang yang memiliki sifat orang munafiq
·      Menunjukkan cara-cara menghindari sifat munafiq








ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PAKEM

MATA PELAJARAN                : FIQIH
KELAS / SEMESTER             : IV (EMPAT) / II (DUA)
Kompetensi inti :
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1.               Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam salat Idain
1.2.               Meyakini bahwa salat Jum’at adalah perintah Allah
1.3.               Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam puasa sunah
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1. Membiasakan perilaku rukun dan damai sebagai implementasi dari pemahaman  terhadap salat Idain
2.2. Membiasakan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman  terhadap ketentuan salat Jum’at
2.3. Membiasakan perilaku jujur dan disiplin sebagai implementasi dari pemahaman  terhadap ketentuan puasa sunah
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

No
Kompetensi Dasar
Indikator Hasil Belajar
TM
TT
Bentuk Media / LKPD
1
3.1.   Memahami ketentuan salat Idain

·      Menyebutkan hukum shalat idain
·      Menyebutkan pengertian sholat idul fitri dan idul adha
·      Menyebutkan waktu pelaksanaan sholat idul fitri dan shalat idul adha



2
3.2.   Memahami ketentuan salat Jum’at
·      Menyebutkan pengertian sholat jum’at
·      Menyebutkan hukum shalat jum’at
·      Menidentifikasi cara-cara melaksanakan shalat jum’at
·      Menyebutkan ketentuan khotib dan imam pada shalat jum’at
·      Menyebutkan rukun khutbah jum’at
·      Menyebutkan adab-adab Islami pada hari jum’at



3
3.3.   Memahami ketentuan puasa sunah

·      Menyebutkan pengertian puasa sunnah
·      Menyebutkan jenis-jenis puasa sunnah
·      Membedakan anatara puasa sunnah dengan puasa wajib
·      Menyebutkan tata cara melaksanakan puasa sunnah



4
4.1.   Mensimulasikan tata cara salat  Idain

·      Mensimulasikan/ memperagakan sholat idul fitri
·      Mensimulasikan/ memperagakan idul adha



5
4.2.   Mensimulasikan tata cara salat Jum’at

·      Mensimulaikan sholat jum’at
·      Mempraktekkan menjadi khotib pada sholat jum’at
·      Terbiasa melaksanakan ibadah sholat jum’at



6
4.3.   Menceritakan pengalaman puasa sunah

·      Meceritakan kebiasannya dalam melaksanakan puasa sunnah
·      Terbiasa melakasanakan puasa sunnah







ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PAKEM
MATA PELAJARAN                : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS / SEMESTER             : IV (EMPAT) / II (DUA)
Kompetensi inti :
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menunjukkan kemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai implementasi semangat hijrah Rasulullah Saw. ke Thaif
1.2 Mengamalkan salat lima waktu secara tertib sebagai bentuk pengamalan peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw.
1.3Menghayati karunia Allah yang dilimpahkan kepada masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
1.4 Membiasakan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai implementasi semangat hijrah Rasulullah ke Yatsrib.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1. Membiasakan bersikap tabah sebagai implementasi dari pemahaman tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif.
2.2. Membiasakan perilaku istikamah sebagai implementasi dari pemahaman tentang peristiwa Isra Mikraj  Nabi Muhammad Saw.
2.3. Membiasakan bersikap positif sebagai implementasi dari pemahaman tentang kehidupan masyarakat Yatsrib sebelum hijrah yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam.
2.4. Membiasakan bersikap positif sebagai implementasi dari pemahaman tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib dalam perilaku sehari-hari.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
Kompetensi Dasar
Indikator Hasil Belajar
TM
TT
Bentuk Media / LKPD
1
3.1    Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke  Thaif.

§  Menceritakan tentang keadaan kaum muslimin yang terkepung di lembah Syi’ib
§  Menjelaskan tentang wafatnya Abu Tholib dan khodijah
§  Menjelaskan tentang semakin kerasnya tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.
·      Menolak tekanan kafir Quyraisy terhadap diri Rasulullah Saw
§  Menjelaskan tentang hijrah Rasulullah Saw ke thoif
§  Menceritakan sikap kasar Bani Tsaqif di Thoif
·      Menolak sikap kasar Bani Tsaqif di Thoif
§  Menjelaskan do’a Rasulullah untuk Bani Tsaqif
·      Menceritakan kisah pertemuan Rasulullah dengan ‘Addas, budak Rabi’a, di kebun anggur



2
3.2    Mengenal latar belakang Nabi Muhammad Saw.  di-Isramikrajkan Allah SWT.

§  Menjelaskan pengertian dan tujuan Isra’ Miraj Rasulullah Saw.
§  Menyebutkan kejadian penting saat Isra’ Mi’raj
·         Menjelaskan proses turunnya perintah sholat lima waktu
§  Menjelaskan  berbagai tanggapan masyarakat Mekah terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj.
·         Memilah tanggapan masyarakat Mekah terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj.
·         Meyakini bahwa apabila Allah menghendaki terjadinya sesuatu, pasti terjadi, meskipun di luar batas pemikiran manusia
·         Mengimani bahwa ibadah sholat merupakan ibadah yang paling utama bagi ummat Islam
·         Menyakini bahwa peristiwa isro’mi’roj itu merupakan ujian keimanan seseorang



3
3.3    Memahami keadaan masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw
·      Menyebutkan asal-usul nama kota madinah
·      Menjelaskan keadaan sosial budaya kota Yatsrib sebelum hijrah  Nabi Muhamamd SAW
·      Menyebutkan kelompok orang yatsrib yang menyatakan Iman kepada Alloh sebelum nabi Hijrah Ke medinah



4
3.4    Mengetahui sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
·      Menyebutkan sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib
·       Menyebutkan teknik pengaturan Nabi Muhammad Saw dalam perjuangan hijrah ke Yatsrib
·      Menyebutkan orang yang yang setia menemani nabi hijrah ke Yatsrib



5
4.1     Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif.

·      Mengemukakan urutan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif
·       



6
4.2     Menceritakan  kembali peristiwa penting di dalam Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw.

·      Menceritrakan secara berurut peristiwa penting di dalam Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw



7
4.3     Menceritakan keadaan masyarakat Yatsrib   sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
·      Menggambarkan keadaan masyarakat yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.



8
4.4     Menceritakan sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib
·      Mengungkapkan sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib






ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PAKEM
MATA PELAJARAN                : BAHASA ARAB
KELAS / SEMESTER             : IV (EMPAT) / II (DUA)

Kompetensi inti :
1.     Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1.              Menerima dan meyakini bahwa kemampuan berbahasa merupakan anugerah Allah SWT.
1.2.              Menggunakan kemampuan berbahasa  untuk hal-hal yang baik sebagai wujud syukur atas anugerah Allah SWT tersebut,
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1.              Memotivasi rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
2.2.              Membiasakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri dalam berinteraksi menggunakan bahasa arab dengan keluarga, teman, dan guru
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

No
Kompetensi Dasar
Indikator Hasil Belajar
TM
TT
Bentuk Media / LKPD
3.1
Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat sederhanaterkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
baik secara lisan maupun tertulis
·      Menyebutkan kosakata baru yang didengar
·      Mencocokkan tulisan/gambar dengan kata, kalimat yang didengar
·      Menyebutkan kembali kata atau kalimat yang didengar



3.2
Menemukan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik :
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
·      Mengidentifikasi makna yang ada dalam bahan bacaan
·      Menerjemahkan kalimat- kalimat yang didengar
·      Menerjemahkan teks percakapan dalam Bahasa Indonesia
·      Menerjemahkan kata, kalimat-kalimat ke dalam Bahasa Indonesia
·      Menentukan informasi secara global tentang bentuk teks/ isi teks
·      Menyimpulkan isi bacaan



3.3
Memahami bentuk kata, frase, dan kalimat  sederhana terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
·      Melafalakan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca.
·      Menggunakan/mengu-capkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat
·      Menentukan kosakata baru dengan menggaris bawahi teks bacaan




3.4
Memahami kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت

·      Menyebutkan tema konteks yang didengar
·      Menentukan makna kata yang mirip
·      Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan
·      Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan




4.1
Mempraktikkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
·      Melafalkan kata, kalimat dengan intonasi yang tepat
·      Mengajukan pertanyaan dengan lafal  yang tepat



4.2
Menghafalkan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
·      Mengucapkan kata, kalimat sesuai tanda baca dengan fashih
·      Mengulang kembali kata, kalimat/cerita  yang didengar
·   


4.3
Mendemonstrasikan kata, frase, dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
·      Memberikan jawaban dengan lafal  yang tepat
·      Melakukan percakapan sederhana dengan intonasi yang tepat
·      Menentukan pokok isi percakapan
·      Melafalkan kata, kalimat dengan intonasi yang tepat



4.4
Menyusun teks sederhana tentang topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
·      Menyalin kata, kalimat sesuai dengan contoh (khot)
·      Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna
·      Melengkapi kalimat yang belum sempurna
·      Membuat karangan sederhana tentang tema bacaan dengan kosakata yang sudah ditentukan









Tidak ada komentar:

Posting Komentar