Jumat, 15 Agustus 2014

lembar abstrak



ABSTRAK
Nama             : HASBULOH
Jurusan           : PGMI/SD
Judul               : "  EFEKTIFITAS  PENGGUNAAN  METODE  SIMULAS BIDANG STUDI FIKIH   
                            PADA MATARI SHOLAT JANAZAH  DI MI PASIRLINGGA KECAMATAN   
                            BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS  ”.

Hasil studi awal menunjukan bahwa banyaknya proses belajar mengajar yang tidak mampu melahirkan pembelajaran bagi anak didik baik bekaitan dengan lahirnya motivasi belajar maupun munculnya keterampilan belajar, hasil belajar bahkan sama sekali tidak terdapat proses alih pengetahuan sebagai batasan dasar terjadinya proses pembelajaran. Hasil pengamatan menunujukan bahwa siswa yang pembelajaranya menggunakan metode simulasi  ternyata lebih aktif saat mengikuti pelajaran   hal tersebut berdampak pada perhatian   siswa , pemahaman  pada materi, kemudahan memahami materi,  dan   kemampuan psikomotor siswa ternyata lebih cepat dan tinggi. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci dan bersifat operasional.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran simulasi  pada bidang studi fiqih di MI Pasirlingga (2) Untuk mengetahui kemampuan psikomotor sholat janazah siswa yang menggunakan metode pembelajaran simulasi kelas IV MI Pasirlingga (3) Untuk mengetahui kemampuan psikomotor sholat janazah siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran simulasi kelas IV MI Pairlingga (4) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan psikomotor sholat janazah siswa antara yang menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan yang tidak menggunakan  metode pembelajaran simulasi.
Simulasi yang di maksud adalah : simulasi dalam metode mengajar di maksudkan sebagai cara untuk menjelaskan sesuatu ( bahan pelajaran ) melalui perbuatan yang bersifat pura-pura atau melalui proses tingkah laku imitasi, bermain peran mengenai sesuatu tingkah laku yang dilakukan seolah – olah dalam keadaan yang sebenarnya. Dan mata pelajaran fiqih dalam kurikulum MI adalah : salah satu bagian mata pelajaran PAI yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya (Way of Life) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan.
            Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun pokus penelitian di kelas IV MI Pasirlinga tahun pelajaran 2010 – 2011 yang berjumlah 22 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pembelajaran sholat janazah yang menggunakan metode simulasi efektif digunakan pada bidang studi fiqih di kelas IV MI Pasirlingga. Keefektifan metode ini disebabkan  metode simulasi memberikan kemudahan pada siswa dalam mempelajari sholat janazah baik itu kejelasaan gerakan sholat, bacaan niat dan do,a khusus untuk janazah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar