ABSTRAK
Nama : HASBULOH
Jurusan : PGMI/SD
Judul : "
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE
SIMULAS BIDANG STUDI FIKIH
PADA
MATARI SHOLAT JANAZAH DI MI PASIRLINGGA
KECAMATAN
BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS ”.
Hasil
studi awal menunjukan bahwa banyaknya proses belajar mengajar yang tidak mampu
melahirkan pembelajaran bagi anak didik baik bekaitan dengan lahirnya motivasi
belajar maupun munculnya keterampilan belajar, hasil belajar bahkan sama sekali
tidak terdapat proses alih pengetahuan sebagai batasan dasar terjadinya proses
pembelajaran. Hasil pengamatan menunujukan bahwa siswa yang pembelajaranya
menggunakan metode simulasi ternyata
lebih aktif saat mengikuti pelajaran
hal tersebut berdampak pada perhatian
siswa , pemahaman pada materi,
kemudahan memahami materi, dan kemampuan psikomotor siswa ternyata lebih
cepat dan tinggi. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang
diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci dan bersifat
operasional.
Penelitian
ini bertujuan (1) Untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran
simulasi pada bidang studi fiqih di MI
Pasirlingga (2) Untuk mengetahui kemampuan psikomotor sholat janazah siswa yang
menggunakan metode pembelajaran simulasi kelas IV MI Pasirlingga (3) Untuk
mengetahui kemampuan psikomotor sholat janazah siswa yang tidak menggunakan
metode pembelajaran simulasi kelas IV MI Pairlingga (4) Untuk mengetahui
perbedaan kemampuan psikomotor sholat janazah siswa antara yang menggunakan
metode pembelajaran simulasi dengan yang tidak menggunakan metode pembelajaran simulasi.
Simulasi
yang di maksud adalah : simulasi dalam metode mengajar di maksudkan sebagai
cara untuk menjelaskan sesuatu ( bahan pelajaran ) melalui perbuatan yang
bersifat pura-pura atau melalui proses tingkah laku imitasi, bermain peran
mengenai sesuatu tingkah laku yang dilakukan seolah – olah dalam keadaan yang
sebenarnya. Dan mata pelajaran fiqih dalam kurikulum MI adalah : salah satu
bagian mata pelajaran PAI yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik
mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian
menjadi dasar pandangan hidupnya (Way of Life) melalui kegiatan bimbingan,
pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan.
Pengumpulan
data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun pokus
penelitian di kelas IV MI Pasirlinga tahun pelajaran 2010 – 2011 yang berjumlah
22 siswa.
Berdasarkan
hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pembelajaran
sholat janazah yang menggunakan metode simulasi efektif digunakan pada bidang
studi fiqih di kelas IV MI Pasirlingga. Keefektifan metode ini disebabkan metode simulasi memberikan kemudahan pada
siswa dalam mempelajari sholat janazah baik itu kejelasaan gerakan sholat,
bacaan niat dan do,a khusus untuk janazah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar